Interaksi dalam Kelompok Penjahit dan Customer di Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo (Kajian Sosiolinguistik)

Authors

  • Hafiza Septa Yustika Universitas Negeri Surabaya
  • Surana surana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Humans need interaction with other humans in their lives, this interaction is in the form of a conversation. There is a close correlation between humans and language, because language is the main tool to carry out these interactions. The interaction process can be done by anyone and anywhere, for example in the market. The object of this research is a group of tailors and customers in Krian Market. This research uses Sociolinguistic theory related to language in society, and the research method is descriptive qualitative method. The data source comes from all conversations of tailors and customers in Krian Market as well as journals, articles, theses, and books related to language varieties. The procedures used to collect data are observation techniques, recording techniques and note-taking techniques. Data analysis is carried out by observing data, analyzing data, classifying data, testing the results of analysis, and selecting language to support the writing of research results. The results of this research show the form of language variety, there are Javanese ngoko, Javanese Krama, Madurese, and Indonesian. Then the form of internal code switching includes Indonesian - Javanese, Maudurese - Javanese, and Javanese Krama - Javanese ngoko. The form of external code switching includes Javanese - English, Javanese - Arabic, and Arabic - Madurese. While the form of code mix is Javanese - Indonesia, Javanese - English, Javanese - Arabic, and Javanese - Madurese.

Keywords: Sociolinguistics, Language Variety, Code Switching, Code Mixing

 

Abstrak

Manusia memerlukan interaksi dengan manusia lain dalam kehidupannya, interaksi tersebut berupa sebuah percakapan. Antara manusia dan bahasa mempunyai korelasi yang erat, karena bahasa yang menjadi alat utama untuk melakukan interaksi tersebut. Proses interaksi dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, contohnya di Pasar. Yang menjadi objek didalam penelitian ini adalah kelompok penjahit dan juga customer yang ada di Pasar Krian. Penelitian ini menggunakan teori Sosiolinguistik yang berkaitan dengan bahasa dalam masyarakat, dan metode penelitiannya adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya berasal dari semua percakapan para penjahit dan customer di Pasar Krian serta jurnal, artikel, skripsi, dan buku yang berkaitan dengan ragam bahasa. Tatacara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu  teknik observasi, teknik rekam dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan cara mengamati data, analisis data, klasifikasi data, pengujian hasil analisis, dan pemilihan bahasa untuk mendukung penulisan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan wujud ragam bahasa yaitu ragam bahasa Jawa ngoko, bahasa Jawa Krama, bahasa Madura, bahasa Indonesia, dan ragam bahasa dialek. Kemudian wujud alih kode intern diantaranya adalah Indonesia – Jawa, Maudra – Jawa, dan Jawa Krama – Jawa ngoko. Wujud alih kode ekstern diantaranya adalah Jawa – Inggris, Jawa – Arab, dan Arab – Madura. Sedangkan wujud campur kode yaitu campur kode Jawa – Indonesia, Jawa – Inggris, Jawa - Arab, dan Jawa – Madura.

Kata kunci : Sosiolinguistik, Ragam Bahasa, Alih Kode, Campur Kode

Downloads

Published

2023-07-30
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 89