Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans <p><strong>ISSN: 3025-8774</strong></p> <p> </p> <p> </p> <p><strong>Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi (MITRANS)</strong> is aimed at all academics and practitioners in the field of Transportation, especially Management of Transportation. The Scope of Transportations Management Journal covers the results of field research, literature studies, and public policy research aimed at improving quality and building innovation on world<br />developments in the field of Transportation. The journal is issued 3 (three) times a year and<br />min. 12 articles per issued.</p> <p>The research is viewed through macro or micro transportation perspectives from various aspects, such as: operational, production, human resources, marketing, consumer services, finance, and strategic management.</p> en-US endrowibisono@unesa.ac.id (R. Endro Wibisono) endrowibisono@unesa.ac.id (R. Endro Wibisono) Sat, 27 Apr 2024 13:42:25 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Perbaikan Kinerja Simpang 3 Bersinyal Area Komersial Menggunakan PKJI 2014 Disertai Simulasi Vissim (Studi Kasus Persimpangan Jl. Gembong Tebasan – Jl. Kapasari Kec. Simokerto, Kota Surabaya, Jawa Timur) https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/29754 <p>Pembangunan yang pesat di kota-kota besar Indonesia telah menginduksi pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan mengubah kota surabaya menjadi magnet bagi penduduk yang mencari pekerjaan dan tempat tinggal. Dalam konteks transportasi, persimpangan jalan menjadi titik rawan kemacetan lalu lintas akibat konflik pergerakan arus. Penyumbang utama kemacetan di beberapa lokasi adalah penggunaan bahu jalan sebagai tempat parkir, serta pertumbuhan kendaraan yang tidak sejalan dengan pertumbuhan infrastruktur jalan. Selain itu, pedagang kaki lima (PKL) juga turut berperan dalam menciptakan kemacetan lalu lintas di beberapa lokasi, terutama di sekitar persimpangan jalan. Penelitian ini mengkaji kinerja simpang bersinyal di Jalan Gembong Tebasan-Jalan Kapasari dengan hasil yang menunjukkan derajat kejenuhan sebesar 0,954, tundaan rata-rata mencapai 66,80 detik per kendaraan per siklus, dan rata-rata kendaraan terhenti sebanyak 0,611 detik per kendaraan per siklus. Studi ini menggaris bawahi pentingnya koordinasi dan penertiban oleh instansi terkait dalam mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut. Penertiban terhadap pedagang kaki lima yang melanggar aturan parkir dan menghalangi trotoar dapat mengurangi dampak negatif terhadap aliran lalu lintas. Peneliti juga mengusulkan solusi alternatif yang melibatkan perubahan waktu siklus dan lebar pendekatan. hasil terbaik ditunjukkan pada Alternatif I dengan lebar pendekatan barat sekitar 9,5 meter, pendekatan utara 10,5 meter, pendekatan selatan 10,5 meter, dan waktu siklus sekitar 96 detik sehingga menghasilkan Derajat kejenuhan yaitu 0,828.</p> Fairuz Adinata, Purwo Mahardi Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/29754 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kelayakan Reaktivasi Jalur Kereta Api Madiun – Slahung (Ponorogo) Dengan Pendekatan SOAR (Strengths, Opportunities, Aspiration, Result) https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30810 <p>Jalur Kereta Api Madiun-Slahung (Ponorogo) merupakan jalur tua salah satu peninggalan masa penjajahan bangsa Belanda yang salah satunya disebutkan dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) 2030 untuk dapat direvitalisasi dan diaktifkan kembali bahkan dapat dikembangkan. Namun perlu adanya tinjauan terhadap kelayakan jalur tersebut sebelum jalur dapat diaktifkan dan dioperasikan kembali. Baik dari segi teknis, sosial-ekonomi, lalu-lintas dan kebutuhan masyarakat lokal akan transportasi kereta api. Dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (kuantitatif dan kualitatif) dan menggunakan pendekatan analisis kelayakan dan strategi SOAR <em>(Strengths, Opportunities, Aspiration, Result).</em> Data primer diperoleh dari survey kuesioner terhadap 368 sampel responden pengguna angkutan umum bus trayek Madiun - Ponorogo PP untuk mendapatkan pendapat relevan mereka tentang reaktivsi jalur transportasi umum kereta api rute Madiun - Slahung (Ponorogo). Adapun data sekunder diperoleh melalui obeseravsi, dan studi terhadap dokumen-dokumen pendukung</p> <p>penelitian. Analisis menggunakan pembobotan dan <em>Scoring</em> SOAR yang di dapatkan dari pembobotan aspek-aspek penelitian lalu kemudian di lakukan <em>scoring</em> pada masing-masing poin narasi dari SOAR berdasarkan pembobotan pada kriteria aspek penelitian. Hasil analisis dikatakan layak dari aspek sosio-ekonomi. Rekomendasi prototype yang ditawarkan adalah gambar perencanaan <em>blueprint</em> trase jalur alternatif, pada trase jalur alternatif 3 wilayah Ponorogo.</p> Naufal Alif Wibowo, Dadang Supriyatno Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30810 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Pedesaan di Kabupaten Bangkalan (Rute: Kamal - Tanah Merah - Blega - Lomaer) https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30910 <p>Kondisi pelayanan angkutan pedesaan di Kabupaten Bangkalan, khususnya di trayek D1 saat ini masih mengalami beberapa permasalahan, sepert diantaranya penurunan jumlah kapasitas penumpang yang diangkut, ketersediaan angkutan, hingga waktu antara yang lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis mengenai evaluasi kinerja pelayanan angkutan, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. &nbsp;Hasil dari evaluasi ini menunjukkan sebagian besar parameter kinerja pelayanan dinilai tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan, antara lain seperti umur kendaraan yang telah berumur 19 tahun, perhitungan load factor yang hanya 33%, headway mencapai 20 menit, waktu perjalanan hanya 42 menit, hingga kecepatan yang mencapai 29 km/jam. Parameter waktu tunggu menjadi satu – satunya parameter yang memenuhi standar, yaitu hanya selama 4,2 menit. Dengan demikian, masih banyak diperlukan peningkatan kinerja pelayanan angkutan umum di Kabupaten Bangkalan, khususnya pada trayek D1.</p> Seruni Hanum, Anita Susanti Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30910 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Identifikasi Pengguna Aplikasi Transportasi Access by KAI dengan Ulasan dan Rating Menggunakan Analisis Sentimen https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30912 <p>Pengaruh besar teknologi semakin dirasakan pada zaman ini. Salah satu contoh yaitu penggunaan aplikasi <em>Access by KAI</em> untuk pengguna jasa moda transportasi kereta. <em>Access by KAI</em> merupakan aplikasi dari PT. Kereta Api Indonesia yang menyediakan layanan terhadap pengguna moda transportasi kereta. Analisis sentimen merupakan analisis pendapat atau opini seseorang tentang suatu hal baik berupa layanan dan operasional secara otomatis. Analisis sentimen mempermudah seseorang untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna moda transporatsi kereta sekaligus pengguna aplikasi <em>Access by KAI</em> terhadap layanan yang diberikan tanpa harus membaca ribuan sampai ratusan komentar atau ulasan sekaligus. Analisis sentimen menggunakan data ulasan dan <em>rating</em> sebagai indikator penilaian terhadap layanan aplikasi dari PT. Kereta Api Indonesia. Metode pemograman yang dilakukan menggunakan <em>long short term memory</em> (LSTM) dan kuantitatif deskriptif untuk metode penelitiannya. Satu-satunya data yang digunakan yaitu data primer dari ulasan dan rating aplikasi <em>Access by KAI </em>yang didapat dari <em>website google playstore</em> halaman aplikasi <em>Access by KAI. </em>Hasil analisis yang didapat menunjukkan mayoritas pengguna aplikasi <em>Access by KAI </em>memberikan sentimen negatif pada ulasan dan sangat tidak puas pada rating perolehan terbanyak diraih bintang 1 dengan jumlah 1834 terhadap layanan aplikasi <em>Access by KAI</em> . Penelitian ini memberikan solusi bagi pembuat aplikasi (<em>developer</em>) dan pengguna aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut.</p> Karin Nur Fitria Ariyanti, Anita Susanti Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30912 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Load Factor Penumpang Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 dengan Perbandingan Total Penumpang Tahun 2022 di Gapura Surya Nusantara https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/24857 <p>Keadaan pandemi <em>Covid</em> – 19 yang terjadi selama 2 tahun membuat pola hidup masyarakat banyak terjadi perubahan dalam memilih moda transportasi. Selama 2 tahun (2020 dan 2021) tidak diberlakukannya kegiatan mudik lebaran, menyebabkan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara terlihat sepi, selang 2 tahun kemudian (2022) mulai diberlakukan kembali kegiatan mudik lebaran tetapi masih adanya pembatasan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui grafik perbandingan, persentase kenaikan dan penurunan penumpang angkutan laut lebaran tahun 2022 dengan tahun 2023, dan juga untuk mengetahui <em>load factor</em> penumpang angkutan laut lebaran tahun 2023. Metode dalam penelitian ini menggunakan perhitungan <em>load factor </em>dengan sampel total penumpang per hari yang digunakan yaitu sejak H – 15 sampai dengan H + 15 Hari Raya Idul Fitri. Hasil perhitungan yang telah dilakukan, terjadi peningkatan grafik penumpang angkutan laut lebaran tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022, total penumpang tahun 2022 terdapat 159.978 total penumpang dan terjadi peningkatan persentase sebanyak 31% sehingga total penumpang tahun 2023 bertambah menjadi 209.046 penumpang. Total rata – rata perhitungan <em>load factor </em>untuk tahun 2023 yaitu 58% untuk penumpang turun, dan 62% untuk penumpang naik, hal itu masih dibawah standar ketentuan <em>load factor </em>yaitu 70%. Dengan demikian, masih banyak dibutuhkan kapasitas kapal untuk kegiatan angkutan laut lebaran tahun berikutnya.</p> Seruni Hanum, Anita Susanti Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/24857 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Penanganan Bongkar Muat Barang Berbahaya (B3) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31052 <p>Penanganan barang berbahaya adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan penumpukan, bongkar muat, termasuk pengujian dan pengendalian barang berbahaya yang meliputi zat, bahan, dan benda yang dapat berpotensi membahayakan Kesehatan, keselamatan, harta benda, dan lingkungan hidup, yang tercantum dalam International Maritime Dangerous Goods Code yang disebut IMDG Code adalah Koda maritim yang mengatur mengenai penanganan barang berbahaya dan pengangkutan barang berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi risiko dalam menanggani barang berbahaya di area pelabuhan. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah Peraturan dan tahapan penanganan barang berbahaya.</p> Dimas Darmawan, Ari Widayanti Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31052 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kapasitas Penumpang Kapal Yang Berkeselamatan Melalui Alat Keselamatan Kapal Ferry Kirana VII Di Pelabuhan Tanjung Perak (Studi Kasus : Pelabuhan Tanjung Perak,Kota Surabaya) https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31053 <p>Alat keselamatan merupakan sejumlah peralatan yang digunakan dan dirancang khusus untuk menjamin keselamatan orang yang berada di atas kapal. Kapasitas penumpang kapal harus menyesuaikan kapasitas alat keselamatan yang ada di kapal untuk menjamin keselamatan penumpang saat kapal melakukan pelayaran. Tujuan penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kapasitas penumpang kapal yang berkeselamatan. Analisis data yang dilakukan ialah analisis&nbsp; jenis alat keselamatan dan kapasitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi secara langsung di Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak. Hasil perhitungan dari kapasitas alat keselamatan di Kapal Ferry Kirana VII yaitu 704 orang, sehingga kapasitas penumpang kapal tidak boleh lebih dari 704 orang supaya saat terjadi kecelakaan kapal bisa meminimalisir korban jiwa sebab kapasitas alat keselamatan dapat menampung seluruh penumpang kapal.</p> Miftahul Efendi, R. Endro Wibisono Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31053 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Penetapan Tarif Jasa Kepelabuhanan Pada Kapal Domestik di Pelabuhan Tanjung Perak https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31054 <p>Penetapan tarif jasa kepelabuhanan merupakan elemen penting dalam memfasilitasi aliran barang dan kapal di pelabuhan. Penelitian ini menganalisis penetapan tarif jasa kepelabuhanan pada kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Metode yang digunakan adalah studi observasi secara langsung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak pada Seksi Kepelabuhanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti Gross Tonnage kapal, jumlah pergerakan kapal, waktu kapal tunda, panjang kapal, dan volume limbah kapal mempengaruhi penetapan tarif jasa kepelabuhanan. Jasa labuh dipengaruhi oleh Gross Tonnage, jasa tambat dipengaruhi oleh pergerakan kapal dan Gross Tonnage, tarif jasa pandu tetap dipengaruhi oleh pergerakan kapal, tarif jasa tunda tetap dipengaruhi oleh waktu kapal tunda, kepil/mooring dipengaruhi oleh panjang kapal, dan biaya sampah kapal dipengaruhi oleh volume limbah. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif tentang penetapan tarif jasa kepelabuhanan pada kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak.</p> Akhsan Maulana Rusadi, R. Endro Wibisono Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31054 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kerusakan Perkerasan Lentur Ruas Jalan Ploso – Bts. Kota Jombang (Link. 168) Sbaya KM 75+790 – 82+360 Menggunakan Metode Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS) https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/24767 <p>Penurunan kualitas jalan pada ruas jalan Ploso – Bts. Kota Jombang Sbaya 75+790 – 82+360 yang disebabkan oleh adanya konstruksi jalan yang terus menerus, akibatnya banyak aktivitas berkendara pengemudi yang terhambat sehingga jalan jarang digunakan kembali. Permasalahan ini harus segera diatasi dengan cara pemeriksaan tingkat ketidakrataan ruas jalan tersebut. Kerusakan jalan juga diakibatkan dari pemeliharaan jalan yang tidak dilakukan secara dini dan tepat. Untuk menjaga agar kondisi jalan tetap pada kondisi yabng baik dan layak dalam melayani berbagai moda transportasi perlu aanya evaluasi permukaan jalan untuk mengetahui apakah jalan tersebut masih dalam kondisi baik atau diperlukan adanya pemeliharaan rutin atau berkala. <em>Provincial/Kabupaten Road Management System</em> (PKRMS) merupakan sumber <em>database</em> untuk keperluan perencanaan yang menampung data kondisi, inventaris, data proyek data histori, dan peta. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah dan menganalisis data jalan yang diperlukan sehingga menghasilkan laporan tentang kondisi aset jalan dan program pemaketan pekerjaan jalan. Aplikasi ini juga membantu menentukan prioritas pekerjaan pemeliharaan jalan. Dari lokasi pengamatan yang ditinjau kerusakan yang paling mendominasi adalah kerusakan tepi, lubang, agregat lepas dan retak buaya. Penanganan kerusakan permukaan jalan pada lapis perkerasan lentur menggunakan metode perbaikan standar Direktorat Jendral Bina Marga.</p> Dhyva Choirunnisa Wicakrani, Anita Susanti Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/24767 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Jalan Bajulan – Kaligunting, Caruban, Kabupaten Madiun STA 0+000 – STA 1+000) https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31055 <p>Jalan merupakan sarana transportasi darat yang memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia untuk menunjang pembangunan nasional, salah satunya yaitu sebagai pertumbuhan perekonomian dan sosial budaya. Jalan Bajulan-Kaligunting merupakan jenis jalan Kolektor yang menghubungkan antara Kabupaten Ngawi ke Caruban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kerusakan Dengan Metode Bina Marga. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan , Kerusakan dengan angka kerusakan terbanyak terjadi pada STA 0+400 – 0+450 dengan jenis kerusakan pelepasan butir, retak kulit buaya, dan alur. Nilai Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) yang didapat adalah 2727 smp/jam sehingga kelas lalu lintasnya yaitu 5 sedangkan Nilai kondisi jalan yang didapat sebesar 5.75, dan Nilai Urutan Prioritas (UP) sebesar 6.25 yang berarti termasuk kedalan program pemeliharan berkala.&nbsp;</p> Yesi Nurmawati, R Endro Wibisono Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/31055 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Karakteristik dan Pengujian Penetrasi Aspal Ex. Atlas Dengan Aspal Ex. Pertamina Pada Penetrasi 60/70 https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/24445 <p>Di Indonesia sering terjadi kerusakan jalan, maka dari itu perlu dilakukan uji kelayakan aspal yaitu penetrasi. Pengujian penetrasi ini sangat dipengaruhi oleh faktor berat beban total, ukuran sudut dan kehalusan permukaan jarum,temperatur dan waktu. Penetrasi 60/70 sering digunakan di Indonesia karena menyesuaikan iklim yang terjadi di Indonesia. Penetrasi 60/70 adalah aspal dengan nilai penetrasi 60 sampai 79. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aspal tersebut layak atau tidak untuk pembangunan jalan. Metode Penetrasi 60/70 pada Aspal Ex.Atlas dan Aspal Ex.Pertamina yang dilakukan di UPT Laboraturium Pengujian Konstruksi DPU Bina Marga Jawa Timur melewati 2 tahapan yaitu persiapan benda uji dan cara pengujian. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah nilai penetrasi pada kedua aspal tersebut yaitu 71,5 dan 72,675 telah memenuhi persyaratan Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 Revisi 2.</p> Nisrina Nadhifah, Anita Susanti Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/24445 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Penerapan ETLE Terhadap Perilaku Berkendara Masyarakat di Kabupaten Klaten https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30415 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan ETLE di Klaten, menginterpretasikan pelanggaran lalu lintas sebelum dan sesudah diterapkannya ETLE, dan menganalisis penerapan ETLE terhadap perilaku berkendara di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan variabel dependen perilaku berkendara dan menggunakan variabel independen penerapan ETLE. Populasi yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah jumlah masyarakat kecamatan Klaten Tengah. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah menggunakan purposive sampling. Sehingga sampel pada penelitian yang dilakukan sebesar 100. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Data diperoleh dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ETLE di Klaten sudah cukup baik dikarenakan dari tahun 2020 – 2022 jumlah pelanggaran lalu lintas cenderung mengalami penurunan. Berdasarkan hasil uji MANOVA penerapan ETLE tidak terdapat pengaruh terhadap perilaku berkendara.</p> Nabilla An Nur Hanifah, I Made Suraharta Copyright (c) 2024 Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/30415 Sat, 27 Apr 2024 00:00:00 +0700