Penilaian Kerusakan Jalan Menggunakan Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Raya Mastrip – Joyoboyo
DOI:
https://doi.org/10.26740/mitrans.v3n1.p78-89Keywords:
Jalan, Kerusakan Jalan, PCIAbstract
Penurunan kondisi permukaan perkerasan jalan terjadi seiring dengan pengaruh beban kendaraan yang berlebih. Kendaraan yang melalui ruas Jalan Raya Mastrip – Joyoboyo didominasi oleh kendaraan berat sehingga memicu penurunan kondisi permukaan perkerasan jalan. Penurunan kondisi perkerasan pada ruas Jalan Raya Mastrip – Joyoboyo apabila tidak diperhatikan secara serius, dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar sehingga menghambat aktivitas perjalanan serta berakibat pada terjadinya kecelakaan. Berpijak mengenai permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan tingkatan kerusakan pada ruas Jalan Mastrip – Joyoboyo, sehingga diperoleh nilai yang diharapkan dapat menjadi informasi mengenai kondisi jalan yang dapat menjadi acuan dalam menentukan alternatif perbaikan terhadap kerusakan yang ada. Penilaian kerusakan jalan pada ruas Jalan Raya Mastrip – Joyoboyo dilakukan dengan menerapkan metode Pavement Condition Index (PCI). Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui survei kerusakan secara langsung meliputi jenis, tingkatan dan luasan kerusakan pada setiap segmen sepanjang 8,3 Km. Berdasarkan identifikasi kerusakan pada ruas jalan Raya Mastrip – Joyoboyo, diperoleh hasil penilaian kondisi kerusakan jalan yaitu sejumlah 63 segmen dengan kondisi excellent, sedangkan 14 segmen kondisi very good dengan nilai PCI paling rendah 76 yaitu segmen 22, 77, dan 79, serta terdapat 6 segmen yang tidak mengalami kerusakan. Rata – rata nilai PCI yang didapatkan yaitu sebesar 90,34 dengan kondisi excellent, sehingga penanganan yang direkomendasikan yaitu pemeliharaan rutin.
References
Al Faritzie, H., Bahder, D., dan Berri, W. 2020. Pengaruh Volume Kendaraan terhadap Tingkat Kerusakan Jalan pada Perkerasan Lentur (Flexible Pavement). Jurnal Teknik Sipil 9(2):100–107.
Fadjrianto, P. A., dan Siswoyo. 2020. Analisa Perbaikan Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus : Jln. Babat – Batas Jln. Kab. Jombang STA. 10 – STA. 25). Axial : Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Konstruksi 8(2):121.
Hardiyatmo, H. C. 2015. Pemeliharaan Jalan Raya Edisi 2. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Hendrawan, A., Fatmawati, E. L., dan HartatiK, N. 2022. Analisis Kerusakan Jalan Berserta Penanganannya dan RAB pada Jl. Raya Gresik - Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Keilmuan Teknik Sipil 5 (1):417 - 426.
Inayah, R. I., dan Widayanti, A. 2023. Analisis Kerusakan Jalan dan Penyebabnya Di Kawasan Wisata Kabupaten Bangkalan. MITRANS: Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi 1(3):305–315.
Labaso, E. R., Ishak M.S., dan Kasan, M. 2022. Evaluasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Surface Distress Index (SDI) Studi Kasus Jalan Pue Bongo – Kota Palu. Rekonstruksi Tadulako: Civil Engineering Journal on Research and Development. 3(2):67–74.
Lasarus, R., Lucia G. J., Lalamentik, dan Joice, E. W. 2020. Analisa Kerusakan Jalan dan Penanganannya dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) (Studi Kasus : Ruas Jalan Kauditan (by Pass)-Airmadidi ; STA 0+770-STA 3+770). Jurnal Sipil Statik 8(4):645–54.
Mooy, E. A P., Kuswara, K. M., dan Hikmah. 2021. Analisis Kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Strategi Penanganannya pada Ruas Jalan Nggelak Desa Meoain Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao. Jurnal Batakarang 2(1).
Nashruddin, Z. A., dan Buana, C. 2021. Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Jurnal Teknik ITS 10(1):27–34.
Panjaitan, W. J., dan Risdianto, Y. 2022. Evaluasi Perkerasan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga 2017 dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Alternatif Penanganannya (Studi Kasus : Jalan Janti Tegalgondo , Kabupaten Klaten). 1–11.
Pratama, T. O., dan S. H., Mas Suryanto. 2022. Analisa Kerusakan Jalan dan Teknik Perbaikan Berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) Beserta Rencana Anggaran Biaya pada Ruas Jalan Gempol-Pandaan (Studi Kasus: Ruas Jalan Gempol-Pandaan Km 39+000-42+000). 100(2).
Prayogi, G. R., Mayniana, V, Sitanggang, H. M. 2022. Penanganan Jalan Berdasarkan Data Visual Kerusakan Jalan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus: Jalan Terusan Ryacudu). Journal of Infrastructure Planning, and Design vol. 2 (1):10–18.
Widayanti A., Wibisono, R. E, dan Sari, C. K. 2020. Tipe Kerusakan Jalan Provinsi dan Penentuan Skala Prioritas Penanganan Di Kabupaten Lamongan. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi) 2(2):73.

