Analisis Kerusakan dan Penentuan Perbaikan Jalan Menggunakan Software pada Jalan Provinsi Link. 162 di Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Alfin Adji Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mitrans.v2n3.p267-280

Keywords:

Kerusakan Jalan, PKRMS, Mojokerto, Perbaikan Jalan, Prioritas Penanganan

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan tingginya mobilitas masyarakat mendorong pengembangan infrastruktur jalan sebagai komponen penting dalam sistem transportasi. Jalan yang berkualitas memfasilitasi kelancaran aktivitas masyarakat, menjadikannya sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial. Kerusakan jalan dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk beban kendaraan berlebih, cuaca ekstrem, dan kurangnya pemeliharaan rutin. Setiap bentuk kerusakan, mulai dari retak kecil hingga lubang besar, berpotensi memengaruhi fungsi jalan sebagai jalur transportasi yang aman dan efisien. Kondisi jalan yang rusak tidak hanya memperlambat arus lalu lintas tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan. Penelitian ini menganalisis kerusakan pada ruas jalan di Kabupaten Mojokerto, yaitu Ruas Jalan Bts. Kab. Sidoarjo – Mojokerto sepanjang 3,66 km, menggunakan software PKRMS (Provincial/Kabupaten Road Management System). Metode yang digunakan adalah pengamatan langsung, analisis dokumentasi dengan alat blackvue pada kendaraan, dan wawancara pihak terkait. Hasil yang diperoleh adalah jenis kerusakan jalan yang ditemukan meliputi agregat lepas, tambalan, lubang, alur, retak, serta rusak tepi. Pada Ruas Jalan Bts. Kab. Sidoarjo – Mojokerto, kerusakan dominan adalah agregat lepas, tambalan, dan retakan lain, dengan prioritas penanganan berada pada STA 2+600 hingga STA 2+700, yang memerlukan rehabilitasi karena nilai (Surface Distress Index) SDI-nya mencapai kategori Rusak Berat dengan nilai 157,5. Strategi perbaikan meliputi pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan rehabilitasi, tergantung pada tingkat kerusakan pada masing-masing segmen jalan. Prioritas penanganan berada pada Ruas Jalan Bts. Kab. Sidoarjo – Mojokerto, yang memiliki nilai SDI tertinggi, dengan kebutuhan rehabilitasi pada beberapa segmen. Metode PKRMS memberikan manfaat besar dalam mempercepat proses perencanaan penanganan kerusakan jalan.

References

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, & Direktorat Jenderal Bina Marga. (2021). Manual Aplikasi Sistem Program Pemeliharaan Jalan Provinsi Kabupaten (Provincial Kabupaten Road Management System). Pemerintah Republik Indonesia, 1–181.

Armayadi, Yamin, A., & Dharmawansyah, D. (2023). Penerapan Aplikasi Provincial/ Kabupaten Road Management System (PKRMS) pada Kegiatan Preservasi Jalan di Kabupaten Sumbawa Barat. Ganec Swara, 17(4), 1918. https://doi.org/10.35327/gara.v17i4.651

Asalam, Karyawan, D., & Muhajirah. (2021). Analisis Kerusakan Ruas Jalan Talabiu-Simpasai Kabupaten Bima Menggunakan Aplikasi Provincial and Kabupaten Road Management System (PKRMS). Media Bina Ilmiah, 15(7), 4877–4886.

Hadi, P. L., Wasanta, T., & Santosa, W. (2021). Land use change due to road construction. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 920(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/920/1/012003

Masagung, Wahyudi, S. I., & Mudiyono, R. (2023). Analisis Prioritas Penanganan Jalan Kabupaten Brebes Menggunakan Aplikasi PKRMS Kombinasi dengan Metode AHP. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6212–6224.

Agustina, N. & Tisnawati (2023). Analisa Kerusakan Jalan Pada Lapisan Permukaan Perkerasan Lentur Dengan Menggunkan Metode Pavement Condition Index ( Studi Kasus Jalan Yos Sudarso Kabupaten Pekalongan ). 2(02), 121–129.Agustina, N. (2023). Analisa Kerusakan Jalan Pada Lapisan Permukaan Perkerasan Lentur Dengan Menggunkan Metode Pavement Condition Index ( Studi Kasus Jalan Yos Sudarso Kabupaten Pekalongan ). 2(02), 121–129.

Bruno, S., Vita, L., & Loprencipe, G. (2022). Development of a GIS-Based Methodology for the Management of Stone Pavements Using Low-Cost Sensors. Sensors, 22(17). https://doi.org/10.3390/s22176560

Bernanda, G. H., Diantoro, W., & Imron. (2023). Analisis Kerusakan pada Permukaan Perkerasan Jalan Lingkar Kota Slawi Ruas Jalan Desa Kendalserut dengan Metode Bina Marga. Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim, 2(3), 1–18. https://doi.org/10.58192/ocean.v2i3.1129

Inayah, I. R., & Widayanti, A. (2023). Analisis kerusakan jalan dan penyebabnya di kawasan wisata Kabupaten Bangkalan. Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi, 1(3), 305–315. https://journal.unesa.ac.id/index.php/mitrans/article/view/27467

Kasmira, Alyas, & Sudarmi. (2020). Strategi Pemerintah Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 1(3), 818–833. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/3737

Udiana, I. M., Saudale, A., & Pah, J. J. (2014). Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W.J. Lalamentik Dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 13–18.

Widayanti, A., Soemitro, R. A. A., Ekaputri, J. J., & Suprayitno, H. (2021). Asphalt concrete mixture produced using reclaimed asphalt pavement and fly ash as artificial aggregate and filler. Jurnal Teknologi, 83(4), 17–29. https://doi.org/10.11113/jurnalteknologi.v83.16289

Widayanti, A., Wibisono, R. E., & Sari, C. K. (2020). Tipe Kerusakan Jalan Provinsi dan Penentuan Skala Prioritas Penanganan di Kabupaten Lamongan. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 2(2), 73. https://doi.org/10.26740/proteksi.v2n2.p73-83

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 260 , PDF Downloads: 343