Perbaikan Kinerja Simpang 3 Bersinyal Area Komersial Menggunakan PKJI 2014 Disertai Simulasi Vissim (Studi Kasus Persimpangan Jl. Gembong Tebasan – Jl. Kapasari Kec. Simokerto, Kota Surabaya, Jawa Timur)

Authors

  • Fairuz Adinata Universitas Negeri Surabaya
  • Purwo Mahardi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Simpang Bersinyal, Vissim, PKJI 2014, PKL, Kemacetan

Abstract

Pembangunan yang pesat di kota-kota besar Indonesia telah menginduksi pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan mengubah kota surabaya menjadi magnet bagi penduduk yang mencari pekerjaan dan tempat tinggal. Dalam konteks transportasi, persimpangan jalan menjadi titik rawan kemacetan lalu lintas akibat konflik pergerakan arus. Penyumbang utama kemacetan di beberapa lokasi adalah penggunaan bahu jalan sebagai tempat parkir, serta pertumbuhan kendaraan yang tidak sejalan dengan pertumbuhan infrastruktur jalan. Selain itu, pedagang kaki lima (PKL) juga turut berperan dalam menciptakan kemacetan lalu lintas di beberapa lokasi, terutama di sekitar persimpangan jalan. Penelitian ini mengkaji kinerja simpang bersinyal di Jalan Gembong Tebasan-Jalan Kapasari dengan hasil yang menunjukkan derajat kejenuhan sebesar 0,954, tundaan rata-rata mencapai 66,80 detik per kendaraan per siklus, dan rata-rata kendaraan terhenti sebanyak 0,611 detik per kendaraan per siklus. Studi ini menggaris bawahi pentingnya koordinasi dan penertiban oleh instansi terkait dalam mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut. Penertiban terhadap pedagang kaki lima yang melanggar aturan parkir dan menghalangi trotoar dapat mengurangi dampak negatif terhadap aliran lalu lintas. Peneliti juga mengusulkan solusi alternatif yang melibatkan perubahan waktu siklus dan lebar pendekatan. hasil terbaik ditunjukkan pada Alternatif I dengan lebar pendekatan barat sekitar 9,5 meter, pendekatan utara 10,5 meter, pendekatan selatan 10,5 meter, dan waktu siklus sekitar 96 detik sehingga menghasilkan Derajat kejenuhan yaitu 0,828.

References

Alhadar, A. (2011). Analisis Kinerja Jalan Dalam Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Simpang Bersinyal Di Kota Palu. Jurnal Smartek, Nopember 2011, 9(4), 327–336.

Ananda, Ayodhya Gusti. (2022). Analisis Pengaruh Aktivitas Pasar Kapasan Baru Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Kapasan Kota Surabaya. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Azahri, B. (2017). Pengaruh Pedagang Kaki Lima Terhadap Kinerja Ruas Jalan Aksara (Studi Kasus).

Direktorat Jendral Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.

Fadhillah, Muhammad Rizky. (2021). Evaluasi Kinerja Dan Usulan Perbaikan Simpang Bersinyal Pogung. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Harahap, F. R. (2013). Dampak Urbanisasi Bagi Perkembangan Kota Di Indonesia Fitri Ramdhani Harahap, S.Sos., M.Si . Jurnal Society, I(1), 35–45.

Khisty, C.J. Dan Lall, B.K. (2003). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta. Edisi Ketiga, Jilid 2. Erlangga.

Masrul, D., & Utami, A. (2021). Analisis Pengaruh On-Street Parking Terhadap Kinerja Jalan Di Pasar Jaya Ciracas, Jakarta Timur. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 5(3), 263–272.

Suryaningsih, O. F., Hermansyah, H., & Kurniati, E. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar). Inersia: Lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil Dan Arsitektur, 16(1), 74–84.

Zulmi, R. A., Suparyanto Dan Rosad (2015, Puspitarini, Publikasi, N., Kesehatan, F. I., Nugroho, A., Latihan, P., Tungkai, P., Pendidikan, U., Kahfi, M. K., Wiyaja, F. J. M., & Diputra, R. (2018). Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(6), 24–29.

Downloads

Published

2024-04-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 57 , PDF Downloads: 34