Pengaruh Exit Ramp Jalan Tol Terhadap Kinerja Simpang Bersinyal di Simpang 4 Fatmawati Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.26740/mitrans.v1n3.p326-336Keywords:
Derajad kejenuhan, Kinerja jalan, Panjang Exit ramp., Panjang antrian, Simpang BersinyalAbstract
Exit ramp jalan tol telah dibangun sebagai bagian dari pengembangan infrastruktur jalan raya di daerah tersebut. Pengaruh dari exit ramp ini dievaluasi dalam konteks volume lalu lintas, jenis kendaraan, pola lalu-lintas, sistem manajemen lalu lintas, rekayasa lalu lintas, dan tingkat kemacetan di sekitar simpang bersinyal. Studi ini menggunakan metode pengumpulan data lalu-linta sebelum simpang 4 Fatmawati dan setelah exit ramp tol, serta analisis data lalu-lintas yang mencakup volume kendaraan, waktu siklus lampu lalu lintas, kepadatan lalu lintas, dan tingkat kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh exit ramp jalan tol terhadap kinerja simpang bersinyal di simpang 4 Fatmawati, Jakarta. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang dampak exit ramp jalan tol terhadap simpang bersinyal di simpang 4 Fatmawati. Hasil studi ini dapat digunakan sebagai dasar bagi otoritas lalu-lintas dan pengambil keputusan dalam merencanakan peningkatan atau perubahan pada infrastruktur jalan raya, seperti modifikasi simpang bersinyal atau penyesuaian kapasitas jalan tol. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berguna dalam upaya meningkatkan kinerja simpang bersinyal dan kemacetan lalu-lintasdi daerah tersebut.
References
Al-Masaeid, H. R., & Obaidat, M. T. (2021). Consistency and performance of interchange loops. https://www.researchgate.net/publication/346678040
Chen, Y. Y., Chen, Y. H., & Chang, G. L. (2021). Optimizing the integrated off-ramp signal control to prevent queue spillback to the freeway mainline. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 128(May), 103220. https://doi.org/10.1016/j.trc.2021.103220
Li, S., Shi, J., Zhang, X., Zhu, H., & Meng, G. (2019). Simulation and analysis of non-recurrent traffic congestion triggered by crashes in road networks using a grid-based approach. Advances in Mechanical Engineering, 11(10). https://doi.org/10.1177/1687814019884166
Ma, J., & Yilei Zeng and Dawei Chen *. (2023). Ramp Spacing Evaluation of Expressway Based on Entropy-Weighted TOPSIS Estimation Method.
MKJI. (1997). MKJI 1997.pdf.
Yang, X., Zou, Y., Tang, J., Liang, J., & Ijaz, M. (2020). Evaluation of Short-Term Freeway Speed Prediction Based on Periodic Analysis Using Statistical Models and Machine Learning Models. Journal of Advanced Transportation, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/9628957
Zaki, J. F., Ali-Eldin, A., Hussein, S. E., Saraya, S. F., & Areed, F. F. (2019). Traffic congestion prediction based on Hidden Markov Models and contrast measure. Ain Shams Engineering Journal. https://doi.org/10.1016/j.asej.2019.10.006

