Pemodelan Tarikan Perjalanan Pengunjung untuk Gedung Icon Mall Gresik

Authors

  • Hanif Adib Nahardiyanto Universitas Negeri Surabaya
  • R.Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mitrans.v1n3.p291-304

Keywords:

Pemodelan, Tarikan, Liniear Berganda, Pengunjung, Transportasi

Abstract

Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai kota industri memiliki luas wilayah sebesar 1.193,76 km2, dimana pertumbuhan dan perkembangan ekonomi cukup meningkat setiap tahunnya. Dari situs resmi Badan Pusat Statistik kota Gresik  jumlah penduduk pada tahun 2021 mencapai sekitar 1.314.895 orang. Banyaknya jumlah penduduk menimbulkan mobilitas yang tinggi guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Gresik. Besarnya aktivitas pada pusat perdagangan meningkatkan kompleksitas pergerakan arus lalu lintas pada ruas jalan disekitarnya, seperti terjadinya peningkatan volume lalu lintas sehingga berpotensi menimbulkan kepadatan apabila tidak ada perencanaan yang tepat dan antisipasi terhadap permasalahan yang akan timbul akibat bertambahnya jumlah perjalanan di kawasan Icon Mall Gresik dan pada daerah ini belum dikaji tentang bagaimana tarikan perjalanan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah merencanakan pemodelan terbaik tarikan perjalanan. Metode pengumpulan data dengan wawancara menyebarkan kuisioner dan analisis SPSS versi 22. Faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan ke pusat perbelanjaan Icon Mall Gresik adalah luas toko (X3) dan nominal berbelanja (X6). Karena sesuai hasil penelitian dari kuisioner yang telah diisi oleh pengunjung, dapat diketahui bahwa luas toko serta banyaknya tenant memiliki pengaruh yang besar terhadap tarikan pengunjung menuju Icon Mall Gresik. Sehingga menjadi daya tarik pengunjung mengeluarkan uang dengan berbagai nominal untuk berbelanja. Maka hasil dari penelitian ini didapatkan model tarikan perjalanan pengunjung ke gedung Icon Mall Gresik sebagai berikut : Y = 0,164 + 0,566(X3) + 0,375 (X6).  Dengan nilai R sebesar 0,937 dan nilai R2 sebesar 0,879. Dari pemodelan matematis nilai R2 mendekati angka 1 yang artinya hubungan antara variabel X dengan Y sangat kuat.

References

Tamin. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi.

Amijaya, J., & Suprayitno, H. (2018). Permodelan Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Moda Sepeda

Motor Di Wilayah Perkotaan Gresik Tahun 2018. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur &

Irnanto, Y. (2019). Analisa Model Bangkitan dan Tarikan Kawasan Wilayah Pada Mall Ciputra Pekanbaru.

Rahman, Q. R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tarikan Pengunjung Pusat Perbelanjaan Di Kota Makassar (Studi Kasus Mall Panakkukang dan Trans Mall). Journal Techno Entrepreneur Acta, 5(1).

Liandro, K., Silitonga, S. P., & Murniati, M. (2023). Evaluasi

Frans, J. H., Utomo, S., & Normandiri, A. E. (2016). Model

Tarikan Pergerakan Transportasi Pada Kompleks Lippo Plaza, Flobamora Mall Dan Hypermart Bundaran Pu Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, V(2), 14.

Huda, M. W. (2015). Pemodelan tarikan perjalanan

berdasarkan luas lantai di gedung pusat perdagangan grosir di kota surabaya. The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung.

Susantoro, Bambang dan Parikesit. (2004). 1-2-3 Langkah-langkah yang dilakukan menuju trasnsportasi yang berkelanjutan. Majalah Transportasi Indonesia, Vol (1), hlm. 89-95.

Wells, G.R. 1975. Comprehensive Transport Planning. London: Charles Griffin

IHT and DTp, 1987. Model Perencanaan Transportasi Empat Tahap (MPTEP).

Tamin, OZ., (2008). Perencanaan,Pemodelan, & RekayasaTransportasi:Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi. Bandung : Penerbit ITB.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 273 , PDF Downloads: 203