Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Pada Ruas Jalan Menur Pumpungan - Jalan Manyar Indah Raya - Jalan Manyar Tirtoyoso di Kota Surabaya Dengan Metode PKJI 2014

Authors

  • Moch. Rizal Adi Wibowo Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mitrans.v1n3.p279-290

Keywords:

Simpang Tak Bersinyal, Kinerja Simpang, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, PKJI 2014

Abstract

Simpang Jalan merupakan tempat terjadinya konflik lalulintas. Volume lalulintas yang dapat ditampung jaringan jalan ditentukan oleh kapasitas simpang pada jaringan jalan tersebut. Kinerja suatu simpang merupakan faktor utama dalam menentukan penanganan yang paling tepat untuk mengoptimalkan fungsi simpang. Salah satu jenis simpang adalah jenis simpang tak bersinyal, simpang tak bersinyal yang berada di Menur Pumpungan - Manyar Indah Raya - Manyar Tirtoyoso merupakan simpang yang mempunyai empat lengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kapasitas, derajat kejenuhan, perilaku lalu lintas, dan mengetahui solusi yang didapat untuk menangani simpang tersebut. Metode penelitian ini adalah survei lapangan yaitu dilakukan dengan meneliti secara langsung dilapangan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. perhitungan data kinerja simpang tak bersinyal menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Hasil analisis yang diperoleh, nilai kapasitas dari lima hari pengamatan, yang paling padat kendaraan pada hari Rabu pukul 16.00 – 17.00 WIB yang didapat nilai arus lalu lintas adalah  3574 skr/jam, memiliki Kapasitas 3744 skr/jam, nilai Derajat Kejenuhan DJ = 0,955 > 0,69, dan nilai Tundaan diperoleh sebesar 17,16 det/skr. Nilai Peluang Antrian berkisar antara 37%-72%. Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan larangan belok kanan dan jalan lurus pada ruas jalan Manyar Tirtoyoso agar bisa mengurangi penghambatan kendaraan, larangan belok kanan dan jalan lurus pada ruas jalan Manyar Indah Raya juga mengurangi penghambatan kendaraan saat melaju, dan juga pelebaran jalan pada ruas jalan utama dan jalan minor. Maka persimpangan tersebut dikategorikan dalam kondisi stabil.

References

Leni S. Haryani (2017), Analisa Arus Kendaraan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (Studi Kasus Simpang Tiga Pasar Punggur Lampung Tengah), Jurnal Ummetro volume 1 nomer 1

Sendhow Theo, K. Perencanaan Geometrik Jalan dan Reakyasa Lalu Lintas. Teknik Sipil.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 365 , PDF Downloads: 1139