Redesain Halte Suroboyo Bus Rute (R1) Purabaya-Rajawali Berdasarkan Pedoman Teknis Halte dan Kebutuhan Pengguna Halte

Authors

  • Rachma Febrianty Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti

Keywords:

Desain Halte, Suroboyo Bus, Rute Purabaya-Rajawali, Kota Surabaya

Abstract

Pembangunan halte Suroboyo Bus belum dirancang secara maksimal mengingat fungsi penting halte lainnya adalah sebagai sarana city branding. Tujuan penelitian yaitu mengetahui faktor penyebab masyarakat kurang minat menunggu di halte dan merencanakan desain ulang halte berdasarkan pedoman teknis halte dan kebutuhan pengguna halte. Metode penelitian yaitu dokumentasi, observasi lapangan, dan survei (kuesioner). Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis yaitu tipe perhentian halte ditinjau dari persimpangan mengacu tipe near-side dan far-side. Halte yang belum memenuhi ketentuan mengenai letak halte ke persimpangan 2 halte, letak halte ke fasilitas penyebrangan pejalan kaki 2 halte, letak halte ke gedung yang membutuhkan ketenangan 4 halte serta terdapat beberapa halte di Rute (R1) Purabaya-Rajawali belum memenuhi standar fasilitas halte. Tipe perhentian pada halte Rute (R1) Purabaya-Rajawali mengacu tipe Bus-bay, Lay-bys, dan Curb-side. Hasil analisis sebesar 24%-39% indeks penilaian responden menjawab “tidak puas” dengan fasilitas halte seperti tidak ada tempat sampah, tidak ada CCTV, atap tidak memadai dari cuaca panas maupun hujan, tempat duduk yang kurang nyaman dan jumlahnya kurang, tidak ada rambu petunjuk halte, tidak ada identitas halte, tidak ada papan informasi rute. Hasil redesain halte mengenai jumlah dan aktivitas penumpang adalah Halte Terminal Purabaya (jam sibuk 181 orang, di luar jam sibuk 56 orang), Halte RS Bhayangkara (jam sibuk 24 orang, di luar jam sibuk 9 orang), Halte Ketintang (jam sibuk 35 orang, di luar jam sibuk 20 orang), Halte Embong Malang (jam sibuk 17 orang, di luar jam sibuk 10 orang), Halte Pirngadi (jam sibuk 14 orang, di luar jam sibuk 6 orang).

References

Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47.

Atmono, Y. F. S. (2021). Desain Halte Bis Surabaya Dengan Tema Ikonik. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(2), 12.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2022). Kota Surabaya Dalam Angka 2022. In BPS Kota Surabaya (Vol. 4, Issue 1).

Djajanegara, A. R. (2020). Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner) Oleh : Asep R. Djajanegara. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.

Fajri, C., & Sutrisno. (2020). Perancangan Shelter Bus Mebidang Dengan Menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Sistem Teknik Industri, 22(1), 77–89.

Kurniawan & Darajat. (2011). Desain Halte Untuk Masyarakat Urban (Studi Kasus : Daerah Jakarta Dan Sekitarnya). Fakultas Desain & Industri Kreatif, Universitas Esa Unggul, Jakarta, 6(1), 13–23.

Kurniawan, G. P., Shalikhah, S. Z., Shofiat, H., Azizah, N. N., & Mahmud Mochtar. (2021). Jurnal Tana Mana. Jurnal Tana Mana, 2(1), 46–48.

Natalie. (2015). Desain Shelter Bus Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(1).

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books, 1(1), 305.

Nugroho & Medra. (2017). Redesain Ruang Tunggu Penumpang Bus Trans Kota Batam: Studi Teknis Evaluasi Layanan Transportasi Publik Kota Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 3(1), 36–49.

Nugroho, A. (2017). Redesain Ruang Tunggu Penumpang Bus Trans Kota Batam: Studi Teknis Evaluasi Layanan Transportasi Publik Kota Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 3(1), 36–49.

P, S., Rilly P, R., Sari, N., & Fitrianingsih, A. (2015). Konsep Desain Eco-Shelter Angkutan Umum. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 6(2), 48–57. https://doi.org/10.55511/jpsttd.v6i2.15

Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. September 2017.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan 21). Alfabeta.

Widayanti, A., Susanti, A., & Wiyono, A. (2016). Evaluasi Kualitas Pelayanan Halte dan Pengembanganya di Kota Surabaya untuk Mendukung Terwujudnya Infrastruktur Berwawasan Lingkungan. 33–44.

Zhang, C., Cao, X., Nagpure, A., & Agarwal, S. (2019). Exploring rider satisfaction with transit service in Indore, India: an application of the three-factor theory. Transportation Letters, 11(8), 469–477.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 123 , PDF Downloads: 56