Studi Komparasi Software KAJI dan VISSIM dalam Analisis Kinerja Lalu Lintas pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Perempatan Jl. Raya Menur – Jl. Kertajaya, Surabaya)

Authors

  • Naufal Izza Irhami Universitas Negeri Surabaya
  • R. Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mitrans.v1n1.p85-94

Keywords:

Simpang Bersinyal, Kinerja Lalu Lintas, KAJI, VISSIM, Komparasi

Abstract

Simpang bersinyal Jl. Raya Menur - Jl. Kertajaya merupakan persimpangan yang sering mengalami kemacetan. Kemacetan dapat mempengaruhi kinerja dalam melayani kebutuhan arus lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja lalu lintas dengan software KAJI dan VISSIM untuk mendapatkan komparasi hasilnya pada kondisi eksisting dan prediksi untuk tahun 2028. Metode yang digunakan dalam mengambil data penelitian adalah survei data waktu sinyal, fase sinyal, waktu siklus, fase pergerakan, geometri pendekat, dan volume kendaraan. Data kondisi eksisting adalah volume kendaraan eksisting, dan prediksi tahun 2028 menggunakan regresi volume kendaraan berdasarkan data pertumbuhan kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAJI menghasilkan data jumlah arus lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, rasio hijau, antrian, hentian, dan tundaan. VISSIM menghasilkan data QLen (antrian), QLenMax (antrian maksimum), dan QStops (hentian). KAJI menampilkan tingkat pelayanan lalu lintas dalam kategori F dengan derajat kejenuhan rata-rata sebesar 0,294 pada kondisi eksisting dan 1,676 pada tahun 2028. KAJI dan VISSIM menampilkan perbedaan dalam perhitungan pada antrian dan hentian.  Lengan Utara menampilkan antrian yang terjadi sepanjang 1220 m dan hentian 2658 kendaraan pada KAJI, adapun pada VISSIM menampilkan hasil antrian  pada lengan Utara sepanjang 54,26 m dan hentian 91 kendaraan. Saran penulis untuk penelitian lebih lanjut adalah perlu dilakukan evaluasi untuk simpang Jl Raya Menur – Jl. Kertajaya karena kinerja lalu lintas yang belum optimal.

References

Ashari, Titok Fajar. 2011. Pengembangan Aplikasi Kapasitas Jalan Indonesia (KAJI) Pada Simpang

Bersinyal (Signal Integrated) Berbasis Windows. Jember : Universitas Jember.

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Depeartemen

Pekerjaan Umum.

Hermawan, Indra, Dicky Nurmayadi, dan Farhan Sholahudin. 2022. Analisis Kinerja Lalu Lintas

Simpang Bersinyal Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Simpang Tugu Padayungan

Kota Tasikmalaya). Tasikmalaya : Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

Hormansyah, Dhebys Suryani, Very Sugiarto, dan Eka Larasati Amalia. 2016. Penggunaan VISSIM

Model Pada Jalur Lalu Lintas Empat Ruas. Malang : STMIK PPKIA PRADNYA PARAMITA

Malang.

Jotin Khisty & B. Kent Lall. 2005. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi. Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dinas Perhubungan. 1996.

Kolinug, Lendy Arthur, T.K. Sendow, F. Jansen, dan M.R.E Manoppo. 2013. Analisa Kinerja Jaringan

Jalan Dalam Kampus Universitas Sam Ratulangi. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Kurniawan, Mochammad Rizky, Wildany Arif Arfian. 2017. Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Raya

Teknologi Sepuluh Nopember.

Pebriyetti S, Selamet Widodo, dan Akhmadali. 2017. Penggunaan Software VISSIM Untuk Analisa

Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi

Karya Pontianak, Kalimantan Barat). Pontianak : Universitas Tanjungpura.

Rahman, Abdul. 2016. Perencanaan Simpang Empat Bersinyal Pasar Lemabang Kota Palembang

Dengan Program Simulasi VISSIM. Palembang : Universitas Sriwijaya.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Ind

onesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Sekretariat Negara. Jakarta.

Suryaningsih, Oyi Febri, Hermansyah, dan Eti Kurniati. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi

Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar). Yogyakarta : Universitas Negeri

Yogyakarta.

Susanto, Anton, Zebta Bernad Siahaan, Bagus Hario Setiadji, dan Supriyono. 2014. Analisis Kinerja Lalu

Lintas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta. Semarang : Universitas Diponegoro.

Tahir, Anas. 2005. Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Di Kota Surabaya Dengan Menggunakan

Program Kaji (Studi Kasus : Ruas Jalan Ngagel Jaya Selatan ). Palu : MEKTEK jurnal Universitas

Tadulako.

Fauziah, Miftahul, Faris Prihat Raisa. 2016. Koordinasi Dua Simpang Berdekatan dengan MKJI dan

Permodelan VISSIM. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Wibisono, R. Endro, Abdiyah Amudi. 2021. Penentuan Tingkat Pelayanan Simpang Tak Berinyal Jalan

Ngembul-Mastrip Blitar Berdasarkan Perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia dan Software KAJI. Surabaya : Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Wibisono, R. Endro, M. Shofwan Donny Cahyono. 2018. Kinerja Lalu-lintas Simpang di Kalen-Majenang

Akibat Pembangunan Saluran Irigasi Waduk Kalen di Kecamatan Kedungpring Kabupaten

Lamongan. Surabaya : JMAIF Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Wikrama, A.A.N.A. Jaya. 2011. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal ( Studi Kasus Jalan Teuku Umar

Barat-Jalan Gunung Salak). Denpasar : Universitas Udayana Denpasar.

Winnetou, Ibnu Ariemasto, Ahmad Munawar. 2015. Penggunaan Software VISSIM untuk Evaluasi

Hitungan MKJI 1997 Kinerja Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus : Jalan Affandi, Yogyakarta).

Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Downloads

Published

2024-06-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 431 , PDF Downloads: 649