Analisis Load Factor Penumpang Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 dengan Perbandingan Total Penumpang Tahun 2022 di Gapura Surya Nusantara

Authors

  • Seruni Hanum Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Angkutan Laut, Load Factor, Kapal

Abstract

Keadaan pandemi Covid – 19 yang terjadi selama 2 tahun membuat pola hidup masyarakat banyak terjadi perubahan dalam memilih moda transportasi. Selama 2 tahun (2020 dan 2021) tidak diberlakukannya kegiatan mudik lebaran, menyebabkan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara terlihat sepi, selang 2 tahun kemudian (2022) mulai diberlakukan kembali kegiatan mudik lebaran tetapi masih adanya pembatasan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui grafik perbandingan, persentase kenaikan dan penurunan penumpang angkutan laut lebaran tahun 2022 dengan tahun 2023, dan juga untuk mengetahui load factor penumpang angkutan laut lebaran tahun 2023. Metode dalam penelitian ini menggunakan perhitungan load factor dengan sampel total penumpang per hari yang digunakan yaitu sejak H – 15 sampai dengan H + 15 Hari Raya Idul Fitri. Hasil perhitungan yang telah dilakukan, terjadi peningkatan grafik penumpang angkutan laut lebaran tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022, total penumpang tahun 2022 terdapat 159.978 total penumpang dan terjadi peningkatan persentase sebanyak 31% sehingga total penumpang tahun 2023 bertambah menjadi 209.046 penumpang. Total rata – rata perhitungan load factor untuk tahun 2023 yaitu 58% untuk penumpang turun, dan 62% untuk penumpang naik, hal itu masih dibawah standar ketentuan load factor yaitu 70%. Dengan demikian, masih banyak dibutuhkan kapasitas kapal untuk kegiatan angkutan laut lebaran tahun berikutnya.

References

Andhika, S. N. (2017). Kualitas Pelayanan Jasa Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara ppada Pt Pelindo Iii (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Journal of Chemical Information and

Anggrahini, W. P. (2019). Faktor-Faktor Utama Pelayanan Terminal Penumpang Di Pelabuhan. Warta Penelitian Perhubungan, 26(10), 555.

Aurarisa, I., Yulianto, B., & Musthofiah H. M., A. (2022). Analisis Tarif dan Load Factor Bus Batik Solo Trans Koridor 4 pada Masa Pandem i Covid-19. Matriks Teknik Sipil, 10(4), 358.

Azahra, S. R., Septanto, D., & Umiyati, S. 2022. Penataan Pola Operasi Kapal pada Lintas Penyeberangan Siwa - Tobaku Provinsi Sulawesi Selatan. Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD, 1–14.

Gultom, E. 2017. Pelabuhan Indonesia sebagai Penyumbang Devisa Negara dalam Perspektif Hukum Bisnis. Kanun Jurnal Ilmu Hukum. 19(3), 419–444.

Putra, A. A. 2017. Analisis Keseimbangan Jumlah Armada Angkutan Umum Berdasarkan Kebutuhan Penumpang. Media Komunikasi Teknik Sipil, 19(1), 1–12.

Syarifuddin, M., Musadieq, M., & Yulianto, E. 2016. Pentingnya Pelabuhan Tanjung Perak Bagi Perekonomian Jawa Timur (Studi pada PT. PELINDO III Tanjung Perak Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(1), 172–178.

RAHMAN, N. M., BASUKI, M., & Pranatal, E. (2022). Analisis Pelayanan Penumpang Pada Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Menurut Pm 37 Tahun 2015 Dengan Metode Servqual (Service Quality). Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), 1(1), 408–414.

Triatmodjo, Bambang. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta

Mandi, Nyoman Budiartha Raka. 2015. Pelabuhan : Perencanaan dan Perancangan Konstruksi Bangunan Laut dan Pantai Nyoman. Denpasar: Buku Arti.

Hendrik. 2017. Analisis Kebutuhan Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Kendari. Skripsi. Gowa: Universitas Hasanuddin.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 64, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4849).

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut.

Downloads

Published

2024-04-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 36