Analisis Pelayanan Penumpang di Area Ruang Tunggu Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/mitrans.v1n3.p362-373Keywords:
terminal domestik, fasilitas, pelayanan penumpangAbstract
Bandar udara merupakan tempat yang berperan penting dalam berlangsungnya aktivitas transportasi udara. Pelayanan penumpang merupakan hal utama yang harus diperhatikan karena hal ini menjadi tolak ukur bagi pengguna jasa. PT. Angkasa Pura I merupakan perusahaan penyedia jasa kebandarudaraan. Permasalahan dalam penelitian ini analisis fasilitas pelayanan penumpang dengan cara survei penelitian dan pengolahan data berdasarkan peraturan kebandarudaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui fasilitas pelayanan penumpang khususnya di area ruang tunggu keberangkatan terminal domestik bandara Juanda Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk mendapatkan data berupa pengamatan dan asumsi dengan cara menilai tingkat kesesuaian prosedur melalui data. Menurut survei di lapangan. Hasil yang didapatkan tentang fasilitas utama pelayanan penumpang yang ada di area ruang tunggu sudah sesuai dengan PM 178 Tahun 2015, namun untuk beberapa fasilitas penunjang seperti fasilitas air minum, fasilitas area merokok dan ATM center masih belum tersedia.
References
Fatimah, S. (2019). pengantar transportasi. myria publisher.
Hilal F, & Alisa. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Selama Covid-19 Di Ruang Tunggu Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Karim A, Lesmini L, Sunarta D, Suparman A, Yunus A, Khasanah, Marlita D, Saksono H, Asniar N, & Andari T. (2023). Manajemen Transportasi (Indra Pradana Kusuma, Ed.). Yayasan Cendikia Mulai Mandiri.
KEP.DU. Nomor 63 Tahun 2021. (2021). KEP.DU. Nomor 63 Tahun 2021.
Kotler P. (2012). Manajemen Pemasaran.
Masrifah S. (2015). WARTA ARDHIA Jurnal Perhubungan Udara Passenger Air Transport Services in the Domestic Terminal Juanda Airport Surabaya Siti Masrifah.
Rohman, S., Sulistio, H., & Djakfar, L. (2015). KAJIAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG DOMESTIK (T1) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. In Jurnal Tata Kota dan Daerah (Vol. 7, Issue 2).
Sani Z. (2010). Transportasi (Suatu Pengantar). UI Press.
Sejarah AP I. (n.d.).
Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa (1st ed.). Andi.

