Analisis Fasilitas Area Check-in Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Juanda

Authors

  • Kartika Ayu Widyaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Fasilitas, Check-in counter, Pelayanan

Abstract

Terminal keberangkatan penumpang merupakan bagian terpenting dari sebuah bandar udara. Mengingat pentingnya keberadaan terminal keberangkatan penumpang, ketersediaan fasilitas yang sesui standar pelayanan juga menjadi poin yang perlu dipertimbangkan. Berdasarkan hal itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan fasilitas check-in terminal domestik Bandar Udara Internasional Juanda dengan cara melakukan pengamatan dan pengolahan data. Metode pada penelitian ini dengan cara melakukan pengamatan dan pengolahan data.Penelitian dilakukan guna mengetahui kebutuhan fasilitas di Bandara Juanda Surabaya. Hasil perhitungan menyatakan waktu pelayanan minimum yaitu 0,91 menit jumlah check-in counter yang dibutuhkan adalah sebanyak 25 loket. Menggunakan waktu pelayanan maksimum yaitu diperlukan 43 loket. Alur keberangkatan di area check-in sudah memenuhi strandar operasional yang dijadikan acuan.  Sebelas indikator dapat dilaksanakan dengan baik dan menjadikan tolak ukur pelaksanaannnya masuk kedalam kategori sangat baik.

References

Admadjati, Arista. 2014. Manajemen Operasional Bandar Udara. Sleman: Deepublish.

AP1.co.id. 2018. Sejarah PT Angkasa Pura I (Persero). Diakses pada 10 Mei 2023, dari https://ap1.co.id/id/about/our-history

Badan Standarisasi Nasional, (2004). SNI 03-7046-2004: Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia Mengenai Terminal Penumpang Banadar Udara sebagai Standar Wajib, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta. (2020)

Badan Pusat Statistik. 2002. Jumlah Penumpang Pesawat di Bandar Udara Utama (Orang).

Bahri, Syamsul dan Zamzam, Fahkry. 2015. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Semamos. Yogyakarta: Deepublish

Instruksi Kerja. 2015. Instruksi Kerja Nomor: IK/SUB-OB/BD-01-11 tentang Pengawasan Terminal Penumpang. Airport Operation Department

Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero). 2021. Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) Nomor: KEP.DU.63/OM.07/2021 tentang Standar Operasional Terminal (Manual of Standard Terminal Operation) Pada Bandar Udara yang Dikelola PT Angkasa Pura I (Persero). Direksi PT Angkasa Pura I (Persero).

Kotler, P., & Amstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Letter of Operational Coordinator Agreement (LOCA). 2018. Letter of Operational Coordinator Agreement (LOCA) tentang Pelaporan dan Monitoring Status Fasilitas Bandara Antara Operation & Services Department Dengan Airport Facilities Readiness Department.

Letter of Operational Coordinator Agreement (LOCA). 2018. Letter of Operational Coordinator Agreement (LOCA) Nomor: LOCA/AP-1/SUB-02 tentang Pelaporan dan Monitoring Status Fasilitas Bandara Antara Operation & Services Department Dengan Airport Equipment Readiness Department.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2005. Perhubungan Udara Nomor: SKEP/77/VI/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 1999. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: SKEP 347 Tahun 1999 tentang Standar Rancang Bangun dan Rekayasa Fasilitas dan Peralatan Bandar Udara. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Olegadi, Lusia Makriana Ela. 2022. Analisis Kesesuaian Kapasitas dan Fasilitas Terminal Keberangkatan di Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman Ende Dengan Jumlah Penumpang. Jurnal Ground Handling Dirgantara, 4(2).

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 178 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Undang Undang Republik Indonesia. 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Presiden Republik Indonesia

Yarlina, Lita. 2012. Analisis Kapasitas Terminal Penumpang di Bandar Udara SMB II Palembang. Jurnal Penelitian Perhubungan Udara, 38(2).

Yazid, Iye. 2022. Analisis Pengaruh Fasilitas Terminal Keberangkatan Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok Praya. Jurnal Ground Handling Dirgantara, 4(2).

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 178 , PDF Downloads: 165