PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI BENTUK-BENTUK HUBUNGAN SOSIAL KELAS VIII SMP NEGERI 2 TALUN BLITAR

Authors

  • Devi Kartika Dian Permata Sari
  • . Soeprajitno

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Sosiologi

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 2 Talun, Blitar yang menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan LKS khususnya pada mata pelajaran Sosiologi hanya akan berdampak pada kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Model pembelajaran konvensional yang lama dilaksanakan pada proses pembelajaran tidak diubah oleh guru mata pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi menurun. Dalam mengatasi hal ini diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui perlakuan pada materi Bentuk-bentuk hubungan sosial pada mata pelajaran Sosiologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Eksperimental jenis Control group pretestposttest, yaitu dengan subjek penelitian kelas eksperimen (VIII F) dan kelas kontrol (VIII A). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Talun, Blitar. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan LKS. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran Sosiologi materi Bentuk-bentuk hubungan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talun, Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu nilai pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel. Teknik analisis data menggunakan uji t atau dengan uji Chi Kuadrat Dua Subjek untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data yang diketahui hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh nilai rata-rata 94,7% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 94,7% untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji Chi Kuadrat Dua Subjek nilai diperoleh hasil X2hitung 16,67 > X2tabel 3,841. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan LKS pada proses pembelajaran Sosiologi materi Bentuk-bentuk hubungan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talun, Blitar.

Downloads

Published

2016-04-30

Issue

Section

Articles
Abstract View: 693