EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PASCA SERTIFIKASI GURU DI KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Armitta Roswindarini
  • Lamijan Hadi Susarno

Keywords:

Evaluasi, Kompetensi Pedagogik Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Sertifikasi Guru

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar Negeri dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran pasca sertifikasi guru melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru. Penelitian ini mengunakan model evaluasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri yang telah lulus sertifikasi melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru sebanyak 40 orang. Lokasi penelitian ini adalah di 12 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Loceret. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi berupa foto. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP oleh Stufflebeam yaitu Context, Input, Process, Product. Model yang sesuai untuk dapat mengevaluasi kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di Kecamatan Loceret. Keempat komponen tersebut disesuaikan dengan komponen-komponen dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga didapatkan indikator penelitian. Dalam proses pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kompetensi pedagogik guru dalam tahap Context dapat dinilai baik memenuhi indikator merumuskan tujuan pembelajaran. Hasil kompetensi pedagogik guru dalam tahap Input menunjukkan nilai cukup baik karena pada umumnya belum memenuhi indikator pemanfaatan sumber belajar. Hasil penilaian kompetensi pedagogik guru dalam tahap Process otelah sesuai dengan indikator memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga dinilai baik. Hasil kompetensi pedagogik guru dalam tahap Product menunjukkan nilai baik karena memenuhi indikator teknik penilaian. Salah satu rekomendasi dalam penelitian evaluasi ini adalah perlu adanya monitoring khusus berkaitan dengan komponen RPP yang bisa dilakukan saat ada kegiatan Kelompok Kerja Guru.

Downloads

Published

2016-04-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 835 , PDF Downloads: 426