PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD TEMA BINATANG UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ASEMJAJAR-SURABAYA

Authors

  • Rita Kusumawati

Keywords:

Pengembangan, Flashcard, Tema Binatang

Abstract

Proses belajar mengajar harus diarahkan sejak usia dini supaya tercipta manusia yang berilmu. Oleh sebab itu diperlukan sebuah penanganan dalam pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran menggunakan media. Dalam proses belajar mengajar di TK Asemjajar, pembelajaran hanya mengandalkan buku yang ada, terbatasnya media pembelajaran untuk anak, serta para guru belum pernah mengembangkan media flashcard. Hal ini yang mendasari pengembang untuk mengembangkan media flashcard tema binatang. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa flashcard tema binatang. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media flashcard ini adalah model pengembangan Arief S. Sadiman dengan subjek uji coba 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan siswa kelompok B TK Asemjajar. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah angket dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan rumus persentase. Hasil analisis data mengenai kualitas media berupa angket pada ahli materi diperoleh sebesar 88,89% termasuk dalam kategori baik sekali, ahli media 68,5%
termasuk dalam kategori baik dan hasil observasi siswa pada uji coba perseorangan sebesar 88,89% dengan kategori baik sekali. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87,7% dan uji coba kelompok besar sebesar 73,46% masing-masing termasuk dalam kategori baik sekali. Sesuai dengan kriteria penilaian yang dikemukakan Suharsimi Arikunto, media flashcard siap digunakan dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2016-04-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1595 , PDF Downloads: 4347