LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN PENDAPATAN KELUARGA TEHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK (Studi Tentang Anak Nelayan Migran Sulawesi Selatan Di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, NTT)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p154-166Keywords:
Lingkungan Tempat Tinggal, Pendapatan Keluarga dan Tingkat Pendidikan Anak, Nelayan Migran Sulawesi SelatanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan tempat tinggal terhadap tingkat pendidikan anak, (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pendapatan keluarga terhadap tingkat pendidikan anak, dan (3) mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pendapatan keluarga terhadap tingkat pendidikan anak nelayan di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Pengambilan sampel menggunakan teknik combined sampling, (purposive, proporsional, random sampling) yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu, seimbang dan acak, maka diperoleh sebanyak 85 KK sebagai sampel dengan kriteria keluarga nelayan yang mempunyai anak usia sekolah, secara acak sebanyak 10% dari keseluruhan jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal dengan tingkat pendidikan anak dengan t hitung sebesar 2.611, sedangkan pendapatan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pendidikan anak dengan t hitung sebesar 2,960., jika dilihat dalam uji hipotesis secara parsial karena t hitung lebih besar dari t tabel 0,01. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal terhadap tingkat pendidikan anak nelayan sebesar 7,6729%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan keluarga terhadap tingkat pendidikan anak nelayan sebesar 9,6721%. (3) lingkungan tempat tinggal dan pendapatan keluarga berpengaruh sebesar 16,9% artinya lingkungan tempat tinggal dan pendapatan keluarga secara bersama-sama berpengaruh sebesar 16,9% terhadap tingkat pendidikan anak nelayan di Kelurahan oesapa Kecamatan kelapa lima.
References
Badan Pusat Statistik(2016). NTT Dalam Angka 2012.Geogle Blok Spot.Com.: Diakses Januari 2016
Dalyono M. (2007). Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Hamalik Oemar (2006). Proses Belajar Mengajar.Bandung: Bumi Aksara
Harton B.Paul,& Hunt L. Chester. (1999). Sosiologi Jilid I, Jakarta : Erlangga
Ikhsan Fuad (2005).Dasar-dasar Kependidikan.Jakarta : PT Rineka Cipta.
Imron Masyuri. (2001). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan.Yogyakarta : Media Presindo
Kusnadi,2002, Konflik Sosial Nelayan Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Perikanan,Yogyakarta: LKiS.
2003,keberdayaan nelayan dan dinamika ekonomi pesisir, Yogyakarta : Ar-Ruuz Media.
Munib Ahmad.( 2005).Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang :Unnes Pres.
Reksoprayitno Soediyono. (2004). Ekonomi Makro (Pengantar Analisis Pendapatan Nasional).Yogyakarta : Liberty.
Sugiyono (2015).Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (Mixed Metode).Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).