LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN PENDAPATAN KELUARGA TEHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK (Studi Tentang Anak Nelayan Migran Sulawesi Selatan Di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, NTT)

Authors

  • Farid Fauzi Almu Nusa cendana university

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p154-166

Keywords:

Lingkungan Tempat Tinggal, Pendapatan Keluarga dan Tingkat Pendidikan Anak, Nelayan Migran Sulawesi Selatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan tempat tinggal terhadap tingkat pendidikan anak, (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pendapatan keluarga terhadap tingkat pendidikan anak, dan (3) mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pendapatan keluarga terhadap tingkat pendidikan anak nelayan di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Pengambilan sampel menggunakan teknik combined sampling, (purposive, proporsional, random sampling) yaitu pengambilan sampel dengan  tujuan tertentu, seimbang dan acak, maka diperoleh sebanyak 85 KK sebagai sampel dengan kriteria  keluarga nelayan yang mempunyai anak usia sekolah, secara acak sebanyak 10% dari keseluruhan jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal dengan tingkat pendidikan anak dengan t hitung sebesar 2.611, sedangkan pendapatan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pendidikan anak dengan t hitung sebesar 2,960., jika dilihat dalam uji hipotesis secara parsial karena t hitung lebih besar dari t tabel 0,01. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal terhadap tingkat pendidikan anak  nelayan  sebesar 7,6729%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan keluarga  terhadap tingkat pendidikan anak nelayan sebesar 9,6721%. (3) lingkungan tempat tinggal dan pendapatan keluarga berpengaruh sebesar 16,9% artinya lingkungan tempat tinggal dan pendapatan keluarga secara  bersama-sama  berpengaruh sebesar 16,9% terhadap tingkat pendidikan anak nelayan di Kelurahan oesapa Kecamatan kelapa lima.

References

Arikunto Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian. Penerbit Jakarja : PT Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik(2016). NTT Dalam Angka 2012.Geogle Blok Spot.Com.: Diakses Januari 2016
Dalyono M. (2007). Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Hamalik Oemar (2006). Proses Belajar Mengajar.Bandung: Bumi Aksara
Harton B.Paul,& Hunt L. Chester. (1999). Sosiologi Jilid I, Jakarta : Erlangga
Ikhsan Fuad (2005).Dasar-dasar Kependidikan.Jakarta : PT Rineka Cipta.
Imron Masyuri. (2001). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan.Yogyakarta : Media Presindo
Kusnadi,2002, Konflik Sosial Nelayan Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Perikanan,Yogyakarta: LKiS.
2003,keberdayaan nelayan dan dinamika ekonomi pesisir, Yogyakarta : Ar-Ruuz Media.
Munib Ahmad.( 2005).Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang :Unnes Pres.
Reksoprayitno Soediyono. (2004). Ekonomi Makro (Pengantar Analisis Pendapatan Nasional).Yogyakarta : Liberty.
Sugiyono (2015).Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (Mixed Metode).Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

Almu, F. F. (2018). LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN PENDAPATAN KELUARGA TEHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK (Studi Tentang Anak Nelayan Migran Sulawesi Selatan Di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, NTT). The Journal of Society and Media, 2(2), 154–166. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p154-166
Abstract views: 1281 , PDF Downloads: 11481