Teacher Immediacy dalam Pembelajaran Daring pada Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p154-173Kata Kunci:
teacher immediacy, perceived online learning, students, covid-19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang teacher immediacy dalam pembelajaran daring. Teacher immediacy merupakan penggunaan simbol verbal dan nonverbal untuk mendekatkan jarak fisik dan psikologis guru dan siswa. Perilaku immediacy ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pengambilan data secara survey dan Focus Group Discussion terhadap SMA terpilih secara muntistage random sampling di surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring susah untuk dipahami, lebih banyak tugas; fungsi guru tergantikan oleh teknologi; belajar sesama teman; dan ikut les. Sementara juga dijumpai nilai positif dengan pelaksanaan daring, seperti waktu lebih fleksibel, sehingga banyak waktu bisa dipergunakan untuk hal lainnya. Dalam hal guru favorit, yaitu sifat yang diharapkan ada dalam setiap guru yang mengajar adalah fun, care, friend dan smart.
Referensi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 The Journal of Society and Media

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

