Teacher Immediacy dalam Pembelajaran Daring pada Siswa SMA

Penulis

  • Danang Tandyonomanu Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Tsuroyya Tsuroyya Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p154-173

Kata Kunci:

teacher immediacy, perceived online learning, students, covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang teacher immediacy dalam pembelajaran daring. Teacher immediacy merupakan penggunaan simbol verbal dan nonverbal untuk mendekatkan jarak fisik dan psikologis guru dan siswa. Perilaku immediacy ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pengambilan data secara survey dan Focus Group Discussion terhadap SMA terpilih secara muntistage random sampling di surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring susah untuk dipahami, lebih banyak tugas; fungsi guru tergantikan oleh teknologi; belajar sesama teman; dan ikut les. Sementara juga dijumpai nilai positif dengan pelaksanaan daring, seperti waktu lebih fleksibel, sehingga banyak waktu bisa dipergunakan untuk hal lainnya. Dalam hal guru favorit, yaitu sifat yang diharapkan ada dalam setiap guru yang mengajar adalah fun, care, friend dan smart.

Biografi Penulis

Anam Miftakhul Huda, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Prodi Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu sosial dan Hukum

Tsuroyya Tsuroyya , Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Prodi Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

 

Gilang Gusti Aji, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Prodi Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu sosial dan Hukum

Referensi

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Tandyonomanu, D., Huda, A. M., Tsuroyya , T., & Aji, G. G. (2023). Teacher Immediacy dalam Pembelajaran Daring pada Siswa SMA. The Journal of Society and Media, 7(1), 154–173. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p154-173
Abstract views: 191 , PDF Downloads: 233

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama