PENJADWALAN PROYEK PERUMAHAN DENGAN OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA HARIAN

Main Article Content

Lilik Muzdalifah
Eriska Fitri Kurniawati
Eryawan Deise Ulul
Kris Gular Pamitra

Abstract

Penjadwalan proyek yang efektif dan realistis adalah penjadwalan sistematis yang terintegrasi dengan berbagai komponen proyek, yaitu waktu, sumber daya, dan biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penjadwalan proyek yang realistis dengan mengintegrasikan dua komponen proyek, yaitu optimasi waktu dan biaya harian. Biaya harian dikatakan optimal ketika rata-rata penyimpangan biaya harian terhadap rata-rata biaya perhari adalah minimal. Penelitian ini menggunakan metode CPM-CS yang merupakan kombinasi dari metode Critical Path Method (CPM) dan Cuckoo Search (CS). Hasil penjadwalan dengan CPM digunakan sebagai batasan waktu pengerjaan proyek pada algoritma CS. Metode ini diterapkan pada proyek pembangunan perumahan dua lantai tipe 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjadwalan proyek dapat dibuat dengan mengoptimalkan waktu dan biaya harian sekaligus tanpa keluar dari batasan waktu optimal pengerjaan proyek. Nilai optimum yang didapatkan berupa rata-rata penyimpangan biaya harian, yaitu sebesar 712510. Nilai tersebut lebih minimal dibandingkan dengan pengerjaan menggunakan metode CPM maupun kombinasi CPM dan Genetic Algorithm (GA). Tuliskan abstrak Saudara disini.

Article Details

Section
Combinatorics and Computational Mathematics
Author Biographies

Lilik Muzdalifah, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Matematika Devisi Terapan

Eriska Fitri Kurniawati, Universitas PGRI Ronggolawe

Mathematics

Eryawan Deise Ulul, Universitas PGRI Ronggolawe

Mathematics

Kris Gular Pamitra, Universitas PGRI Ronggolawe

Mathematics

References

[1]     F. F. Farlianto, œStudi Faktor-Faktor Keterlambatan Proyek pada Kontraktor di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 12, no. 2, pp. 10-27, 2015.

[2]     S. R. Jannah, L. Muzdalifah, dan E. F. Kurniawati, œOptimasi Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Perumahan Menggunakan Critical Path Method (CPM)/ Program Evaluation and Review Technique (PERT) dan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus CV. Granada Property), Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat III, 461-465. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban,  September, 2018.

[3]     E. R. M. Iwawo, J. Tjakra, P. A. K. Pratasis, œPenerapan Metode CPM Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pembangunan Gedung Baru Kompleks Eben Haezar Manado), Jurnal Sipil Statik, vol. 4, no. 9, pp. 551-558, 2016.

[4]     I. A. Suherman, œAnalisa Penjadwalan Proyek Menggunakan PDM dan PERT serta Crash Project, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, vol. 2, no. 1, pp. 31-43, 2016.

[5]     R. Arifudin, œOptimasi Penjadwalan Proyek dengan Pernyeimbangan Biaya Menggunakan Kombinasi CPM dan Algoritma Genetika, Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 2, no. 4, pp. 1-14, 2011.

[6]     Junaidi, œPengendalian Waktu dan Biaya pada Tahap Pelaksanaan Proyek dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil (Studi Kasus: Proyek Lanjutan Pembangunan Gedung PIP2B Kota Manado), Jurnal Sipil Statik, vol. 1, no. 1, pp. 44-52, 2012.

[7]     Y. Andriani dan Nurfatwa, œSistem Informasi Penjadwalan Proyek Performansi Biaya pada PT. Kelana Buana Sulawesi Selatan, Jurnal INSTEK, vol. 2, no. 2, pp. 61-70, 2017.

[8]     Sediyanto dan A. Hidayat, œ Analisis Kinerja Biaya dan Waktu pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi dengan Metode Earned Value (Studi Kasus Proyek Konstruksi Mall dan Hotel X di Pekanbaru), Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 36-51, 2017.

[9]     L. Muzdalifah dan E. F. Kurniawati, œCPM-CS untuk Optimasi Penjadwalan Proyek, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IV. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, September, 2019.

[10] H. A. Taha. Operations Research: An Introduction, Eighth Edition, New Jersey: Pearson Education, Inc, 2007.

[11] I. Soeharto, Manajemen Proyek (dari Konseptual sampai Operasional), Edisi Kedua, Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 1999.

[12] A. Zarman, M. Irfan, dan W. Uriawan, œImplementasi Algoritma Ant Colony Optimization pada Aplikasi Pencarian Lokasi Tempat Ibadah Terdekat di Kota Bandung, JurnalOnline Informatika, vol. I, no. 1, pp. 6-12, 2016.

[13] B. P. Jocom, N. Hidayat, dan P. P. Adikara, œPenerapan Genetic Algorithm untuk Optimasi Peningkatan Laba Persediaan Produksi Pakaian, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 6, pp. 2168-2172, 2018.

[14] L. Muzdalifah, œBinary Cuckoo Search untuk Optimasi Portofolio dengan Kendala Cardinality, Jurnal AdmathEdu, vol. 6, no.1, pp. 25-32, 2016.

[15] L. Muzdalifah, œBinary Cuckoo Search Untuk Masalah Optimasi Diskrit, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, pp. 1229-1233. Universitas Negeri Malang, Agustus, 2016.

[16] L. Muzdalifah, œOptimasi Portofolio dengan Kendala Buy-In Threshold menggunakan Metode Cuckoo Search, Jurnal Riset dan aplikasi Matematika, vol. 2, no.1, pp. 13-22, 2018.