Spasial Error Model untuk Balita Gizi Buruk DI di Provinsi Jawa Timur Tahun 2016

Main Article Content

Rizkiana Mustika
Edy Sulistyawan

Abstract

Status gizi balita merupakan salah satu indikator kesehatan yang paling sensitif untuk menentukan derajat kesehatan masyarakat di suatu negara. Faktor penyebab masalah gizi buruh pada balita diduga berbeda antar wilayah sehingga dalam penelitian ini digunakan metode Spatial Error Model untuk mendapatkan faktor penyebab gizi buruk dengan mempertimbangkan pengaruh wilayah. Spatial Error Model merupakan model spasial error dimana pada error memiliki korelasi spasial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan balita gizi buruk di Jawa Timur pada tahun 2016. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Balita Gizi Buruk sebagai variabel dependen, Asupan asi eksklusif, Balita diberi vitamin A, Rumah sehat, Posyandu aktif, Ibu hamil mendapat 90 tablet FE, dan Penduduk miskin sebagai variabel independen. Matriks pembobot spasial yang digunakan adalah Queen Contiguity. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang signifikan mempengaruhi balita gizi buruk baik pada model regresi OLS adalah asupan asi eksklusif. Dari pemodelan regresi spasial didapatkan nilai R2maksimal dan AIC minimal (R2 = 30,6% dan AIC = 483,26) pada Spatial Error Model yang lebih baik digunakan daripada metode Regresi Linier Berganda. Sehingga dapat dikatakan pemodelan lebih efektif dilakukan dengan menggunakan Spatial Error Model.

Article Details

Section
Statistics
Author Biography

Edy Sulistyawan, Universitas PGRI Adi Buana

Statistika

References

[1] Anselin Luc, Spatial Econometrics: Methods and Models, Dordecht:Kluwer Academic Publishers, 1988.

[2] Dinas kesehatan. ˜Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Than 2016, Surabaya: Dinas Kesehatan Tersedia pada http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_ PROVINSI_2016/15_Jatim_2016.pdf . 2016.

[3] J. Lee dan D. W. Wong, Statistical analysis with ArcView GIS, Canada: John Wiley & Sons, Inc. 2001.

[4] Le Sage, The Theory and Practice of Spatial Econometrics, Toledo: Department of Economics University of Toledo, 2009.