Analisis Faktor dalam Menentukan Keputusan Konsumen untuk Belanja di Alfamart Desa Cangkir Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Main Article Content

Sita Novalya Roihatul Jannah
Artanti Indrasetianingsih

Abstract

Minimarket merupakan salah satu pasar modern yang telah menyebar di perkotaan dan pedesaan. Minimarket juga ada di desa Cangkir Kecamatan Driyirejo Kabupaten Gresik. Tempat penelitian yang dipilih adalah Alfamart karena banyaknya warga yang tinggal disekitar Desa Cangkir Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik yang menjadi konsumen Alfamart yang terletak di Desa Cangkir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor dan Analisis Biplot. Analisis faktor merupakan  salah satu metode multivariate yang digunakan untuk menganalisis variabel-variabel yang diduga memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga keterkaitan tersebut dapat dikelompokkan pada faktor yang tepat. Analisis Biplot adalah teknik statistika deskriptif yang dapat disajikan secara visual guna menyajikan secara simultan n objek dan p variabel dalam ruang bidang datar. Responden penelitian ini adalah konsumen Alfamart Desa Cangkir Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling insidental. Hasil analisis faktor diketahui bahwa terbentuk empat faktor utama yang mewakili variabel asal dengan total keragaman yang dapat dijelaskan sebesar 73,74%. Faktor 1 terdiri dari harga (x7), kenyamanan berbelanja (x10), kebersihan ruangan (x11) dan kemudahan pembayaran (x12). Faktor 2 terdiri dari keramahan pegawai (x1) dan pelayanan cepat (2). Faktor 3 terdiri dari promosi (x3), produk (x4), lokasi (x5) dan pengiriman tepat waktu (x6). Faktor 4 terdiri dari fasilitas (x8) dan merek (x9). Hasil analisis biplot terbentuk ada empat pemetaan. Berdasarkan analisis biplot diperoleh nilai goodness of fit sebesar 98,63% untuk Faktor 1, 100% untuk Faktor 2, 98,25% untuk Faktor 3, dan 100% untuk Faktor 4.

Article Details

Section
Statistics
Author Biography

Artanti Indrasetianingsih, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Statistika

References

[1] S. Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta:PT. Rineka Cipta, 2002.

[2] K.R. Gabriel, The Biplot Graphic Display of Matrices with Application to Principal Component Analysis, Biometrika, Vol 58, pp.453-467, 1971.

[3] R.A. Johnson dan D.W Wichern, Applied Multivariate Statistica Analysis, Edisi ke-6, United States of America:Pearson Prentice Hall, 2007.

[4] Ketentuan jarak minimarket dari pasar tradisional. (02 july 2012). [Hukum Online.com]. http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4fceff7b57828/ketentuantentang-jarak-minimarket-dari-pasar-tradisional. Diakses tanggal 21 januari 2018.

[5] A.V. Rencher, Methods of Multivariate Analysis, John Wiley and Sons. New York, 2002.

[6] G.Sudarmanto R, Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS,Vol.1,Yogyakarta : Graha Ilmu. 2004.