Model Jaringan Distribusi Beras Optimal Menggunakan Algoritma Floyd Warshall

Main Article Content

Lilik Muzdalifah
Kresna Oktafianto
Eka Dita Mustika

Abstract

Pengembangan model jaringan distribusi beras yang optimal bertujuan untuk menentukan rute terpendek saluran distribusi beras dari petani ke konsumen. Model jaringan distribusi beras dibuat berdasarkan data yang didapatkan dari hasil survey dan wawancara terhadap lembaga distribusi beras di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Data dimodelkan ke dalam suatu jaringan yang terdiri dari himpunan titik dan himpunan garis yang menghubungkan titiktitik tersebut. Titik mewakili lembaga distribusi dan garis mewakili hubungan aliran beras antar lembaga distribusi. Model jaringan yang terbentuk dioptimalkan menggunakan algoritma Floyd Warshall dengan meminimalkan margin pemasaran. Margin pemasaran merupakan perbedaan harga yang dibayar konsumen dengan harga yang diterima produsen. Margin pemasaran terdiri atas biaya pemasaran (biaya tenaga kerja, transportasi, pungutan liar, penyusutan, dan sewa tempat) dan keuntungan pemasaran/ target keuntungan yang diharapkan oleh masing-masing lembaga distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute terpendek saluran distribusi beras dari petani ke konsumen di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dapat dicapai dengan mengikuti alur distribusi pada jaringan distribusi beras yang telah dioptimalkan.

Article Details

Section
Combinatorics and Computational Mathematics
Author Biographies

Lilik Muzdalifah, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Matematika Devisi Terapan

Kresna Oktafianto, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Matematika

Eka Dita Mustika, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Matematika

References

[1] B. P. S. K. Tuban, œLuas Tanam dan Panen, Produktivitas dan Produksi Padi Sawah 2016, 2017.

[2] J. J. Siang, Riset Operasi Dalam Pendekatan Algoritmis, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

[3] H. A. Taha, Operations Research: An Introduction, Eighth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc, 2007.

[4] A. R. Hasibuan, œPenerapan Algoritma Floyd Warshall Untuk Menentukan Jalur Terpendek Dalam Pengiriman Barang, Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 3, no. 6, pp. 2024, 2016.

[5] I. M. E. D. Ajeng Fitrah Sani, Ni Ketut Tari Tastrawati, œAlgoritma Floyd Warshall Untuk Menentukan Jalur Terpendek Evakuasi Tsunami Di Kelurahan Sanur, E-Jurnal Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 15, 2013.

[6] N. K. D. A. Jayanti, œPenggunaan Algoritma FloydWarshall dalam Masalah Jalur Terpendek pada Penentuan Tata Letak Parkir, Makalah diseminarkan dalam Seminar Nasional Informatika STMIK STIKOM Bali, 2014.

[7] F. W. Ningrum, œPenerapan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute Terpendek pada Pemodelan Jaringan Pariwisata di Kota Semarang, Jurnal Teknik Elektro, vol. 8, no. 1, pp. 2124, 2016.

[8] M. H. H. Ibrahim Attamimi, Widi Yahya, œAnalisis Perbandingan Algoritma Floyd-Warshall dan Djikstra untuk Menentukan Jalur Terpendek Pada Jaringan Openflow, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 12, pp. 18421849, 2017.

[9] P. A. P. Andriano R Manoppo, Joachim N K Dumais, œPerbandingan Pemasaran Beras Berdasarkan Musim Panen Di Kecamatan Kakas Barat, Jurnal Agri-Sosio Ekonomi (ASE), vol. 12, no. 3, pp. 125134, 2016.

[10] E. Ruauw, œKajian Distribusi Pangan Pokok Beras di kabupaten Kepulauan Talaud, Jurnal Agri-Sosio Ekonomi(ASE), vol. 11, no. 1, pp. 5868, 2015.