Aplikasi Pewarnaan Graf untuk Optimalisasi Distribusi Raskin di Kabupaten Sidoarjo

Main Article Content

Nuril Lutvi Azizah

Abstract

Distribusi beras sejahtera atau yang biasa dikenal dengan sebutan Raskin merupakan suatu program pendistribusian beras yang dilakukan oleh PERUM BULOG di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Permasalahan yang dihadapi dalam pendistribusian Raskin di wilayah Sub Divre Sidoarjo ini yaitu kurang optimalnya distribusi beras yang diterima oleh masing-masing wilayah titik distribusi. Terdapat wilayah yang mendapatkan distribusi beras berlebihan namun ada juga wilayah yang belum menerima subsidi beras. Untuk mengoptimalkan distribusi Raskin, salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan pendekatan graf dengan pewarnaan simpul graf sebagai penyelesaian masalah distirbusi. Algoritma yang digunakan adalah Welch-Powell. Titik distribusi beras sejahtera diambil dari wilayah di Kabupaten Sidoarjo yang terdiri dari 18 kecamatan, dan 5 gudang distribusi. Dari pembahasan diperoleh hasil bahwa penggunaan pewarnaan simpul graf pada peta wilayah distribusi Raskin dengan algoritma Welch-Powell mampu meningkatkan distribusi Raskin di wilayah Kabupaten Sidoarjo dengan meninjau jarak dari gudang distribusi ke wilayah yang berdekatan.

Article Details

Section
Combinatorics and Computational Mathematics

References

[1] Pedoman Umum (Pedum) Raskin, 2013.

[2] Gross, et.al. œGraph Theory and Its Application (Second Edition), Discrete Mathematics and Its Applications, New York, 2016.

[3] Munir, R. Matematika Diskrit Edisi Kedua. Penerbit Informatika Bandung, Bandung, 2001

[4] Azizah, N. L. Pewarnaan Simpul pada Graf Hasil Operasi join Antara Dua Graf Bebas Segitiga Terhadap Graf Penyusunnya. Tesis Pasca Sarjana Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Surabaya, 2013.

[5] Munir, R. Matematika Diskrit. Penerbit Informatika Bandung, Bandung, 2007.

[6] Cahyo, H.M. dan Maryono, D. œAplikasi Pewarnaan Graf Untuk Optimalisasi Pengaturan Traffic Light Di Sukoharjo. JIPTEK, Vol. VII No 1 : pp. 25-34, 2014.

[7] Aminuddin. Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Erlangga. Jakarta, 2005.

[8] H. A. Taha, Operation Research An Introduction, 6th Edition penyunt., University of Arkansas, Fayetteville: Prentice-Hall, 1997.

[9] Munir, R. Metode Numerik. Penerbit Informatika Bandung, Bandung. 2013

[10] Dabrowski, K. et.al. œColouring Vertices of Triangle-Free Graphs. University of Warwick, Coventry CV4 7AL, UK, 2011.