ANALISIS PERSAINGAN PENGUNAAN PENGIRIMAN BARANG DAN JASA OLEH TOKO ONLINE DI MEDAN MENGGUNAKAN METODE TEORI PERMAINAN

Main Article Content

Parapat Gultom
Rony Marpaung
Annisa Pratiwi

Abstract

Pelayanan jasa pengiriman barang adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang bisnis pengiriman barang, adapun jalur dalam pengiriman barang tersebut melalui jalur darat, jalur udara, atau jalur laut dan memberikan pelayanan yang secara efektif dan efisien guna memenuhi kepuasan pelanggan yang akan mengirimkan barangnya. Banyaknya penggunaan jasa pengiriman barang menyebabkan pesatnya persaingan antara usaha ini, sehingga untuk masing-masing perusahaan jasa pengiriman barang harus memiliki strategi yang optimal. Untuk mencari strategi pemasaran yang optimal maka penelitian ini menerapkan teori permainan sebagai arahan hasil optimalisasi strategi pemasaran dengan pengambilan data hasil kepuasan penggunaan layanan jasa pengiriman barang tersebut melalui data dari kuesioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi optimal pada perusahaan Kantor Pos Indonesia terletak pada strategi kelima yaitu jangkauan lokasi. Strategi optimal untuk perusahaan JNE terletak pada strategi kedua, yaitu ketepatan waktu. Terakhir, stategi optimal untuk perusahaan J&T terletak pada strategi ketiga, yaitu layanan jemput. Tujuan yang sangat diprioritaskan dari penelitian ini adalah bagaimana perusahaan yang telah menjadi objek penelitian ini bisa menerapkan strategi optimal sesuai dengan hasil yang sudah diperoleh.


 


Goods delivery service is a business entity that is engaged in the business of shipping goods, while the route in sending goods is by land, air or sea and provides effective and efficient services to meet customer satisfaction who will send the goods. The large use of freight forwarding services causes rapid competition between these businesses, so that each freight forwarding service company must have an optimal strategy. To find the optimal marketing strategy, this study applies game theory as a direction for optimizing marketing strategy results by collecting data on the results of satisfaction with the use of goods delivery services through data from questionnaires. The results showed that the optimal strategy for the Kantor Pos Indonesia company lies in the fifth strategy, namely location coverage. The optimal strategy for JNE companies lies in the second strategy, namely punctuality. Finally, the optimal strategy for J&T companies lies in the third strategy, which is pick-up service. The highly prioritized goal of this research is how companies that have become the object of this research can implement optimal strategies in accordance with the results that have been obtained.

Article Details

Section
Analysis
Author Biographies

Parapat Gultom, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Rony Marpaung, a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Sumatera Utara";}

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Annisa Pratiwi, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia