Watermaking Menggunakan Metode Discrete Cosine Transform

Main Article Content

Mukhammad Solikhin

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah banyak memudahkan aktifitas manusia, termasuk salah satunya adalah berbagi informasi. Dalam hal berbagi informasi, informasi yang disebarluaskan beragam jenisnya, dapat berupa teks, gambar, suara ataupun video. Kemudahan berbagi informasi tersebut selain memudahkan manusia ternyata juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah masalah mengenai identifikasi hak cipta. Watermark adalah salah satu solusi yang dapat menjawab permasalahan tersebut, melalui penambahan informasi rahasia yang tidak dapat dirasakan keberadaanya hanya menggunakan panca indra manusia. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai watermarking pada gambar digital menggunakan metode Discrete Cosine Transform(DCT). Analisis yang dilakukan adalah mencari korelasi antara gambar asli dengan gambar berwatermark, menguji ketahanan watermark terhadap serangan pada gambar berwatermark diantaranya croping, flip, compress, ataupun rotate.

Article Details

Section
Combinatorics and Computational Mathematics

References

[1] G.A.Away,MATLAB PROGRAMING,Bandung:Informatika,2006.

[2] A.Sugihartono,Pemrograman GUI dengan MATLAB,Yogyakarta : Andi, 2006.

[3] Fahmi,Studi dan ImplementasiWatermarking Citra Digital dengan Menggunakan Fungsi Hash, Indonesia: Institut Teknologi Bandung,2007.

[4] B.A.Persada,Perbandingan Teknik Penyembunyian Data Dalam Domain Spasial dan Domain Frekuensi pada Image Watermarking,Bandung:Institut Teknologi Bandung,2009.

[5]G.L.Lyons,Understanding Digital Signal Processing,Canada: Pentrice Hall PTR,2001.

[6] M.Patel & P.S.S,A Robust DCT Based Digital Image Watremarking Using Fusion of Computational Intelligance Techniques,India : Oriental Scientific Publishig Co,2015.

[7] V. R. Totla dan K.S.Bapat,Comperative Analysis of Watermarking in Digital Images Using DCT & DWT,India : MIT College of Engineering,2013.

[8] B. Jagadeesh dan D.Praveen Kumar,Robust Digital Image Watermarking Scheme based on DCT and BPNN,India:GVP College of Engineering,2014.

[9] R.Munir,Image Watermarking untuk Citra Berwarna dengan Metode Berbasis Korelasi dalam Ranah DCT,Indonesia:Institut Teknologi Bandung,2010.

[10] U.Fadilah dkk.,Perbandingan Kinerja Sistem Kompresi Pada Citra Digital Retinopathy Berbasis Transformasi DCT dan DFT,Semarang:Universitas Dian Muswantoro,2014.

[11] A.Fauzar dan M.Ibnu,Perbandingan Teknik DCT, SVD, ADI, TWD, dan IDA dalam Penyisipan Watermark pada Citra Digital.Indonesia.Kampus Binawidya,2015.