Analisis Perbandingan Harga Mobil Bekas Menggunakan Metode Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani dan Tsukamoto

Main Article Content

Sieny Yurida
Kresna Oktafianto
Rita Yuliastuti

Abstract

Pada dasarnya dalam memperkirakan harga mobil bekas belum digunakan suatu metode tertentu, khususnya metode logika fuzzy. Logika fuzzy memiliki lebih dari satu metode dalam perhitungan perkiraan hasil suatu kasus tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan cara membandingkan metode fuzzy Tsukamoto dengan metode fuzzy Mamdani dalam kasus memperkirakan harga mobil bekas dan menentukan metode manakah yang lebih baik. Metode penelitian menggunakan metode komparasi atau perbandingan, dalam membandingkan perhitungannya menggunakan nilai rata-rata dari hasil yang diperoleh pada kedua metode fuzzy tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa perkiraan Mobil bekas menggunakan metode fuzzy Tsukamoto lebih mahal dibandingkan dengan hasil perkiraan harga mobil bekas menggunakan metode fuzzy Mamdani dengan selisih rata-rata Rp.21.800.000,00 atau sekitar ±22%.

Article Details

Section
Combinatorics and Computational Mathematics

References

[1] Ulfah, œAnalisis Faktor-Faktor Terjadinya Jual Beli Mobil Bekas di Kota Medan, 2011.

[2] G. Abdurahman, œPenerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang berdasarkan data Persediaan dan Jumlah Permintaan, Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

[3] M. Istraniady & P. Andrian, œAnalisis perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Metode Fuzzy Mamdani pada Perbandingan Harga Sepeda Motor bekas, eprinte STMIK GI MDP Bussines School, Palembang, 2013.

[4] P. H. Kusumadewi, œAplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, 2004.

[5] G. Ramadhan, œMenentukan Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Menggunakan Metode Tsukamoto, 2011.

[6] M. E. S. Sutojo, T, Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

[7] F. Susilo, Himpunan dan Logika Kabur Serta Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.