Perbandingan Analisis Biplot Klasik dan Robust Biplot pada Pemetaan Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur

Main Article Content

Whindha Widowati
Lilik Muzdalifah

Abstract

Perguruan tinggi di Indonesia kini sudah tersebar diseluruh penjuru tanah air. Perguruan tinggi dapat berbentuk akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, universitas dan akademi komunitas. Untuk melihat adanya kemiripan 331 PTS di Jawa Timur berdasarkan bentuk perguruan tinggi penulis membandingkan analisis biplot klasik dan robust biplot. Analisis biplot merupakan salah satu analisis multivariant yang menyajikan secara visual pemetaan antara segugus objek pengamatan dan peubah dalam suatu grafik dua dimensi [1]. Dasar dari analisis Biplot adalah Singular Value Decomposition (SVD) yang memerlukan matriks data. Pada penelitian ini akan dipetakan segugus obyek berupa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur berdasarkan bentuk perguruan tinggi dengan peubah berupa jumlah program studi, jumlah dosen tetap, jumlah mahasiswa, akreditasi PTS,jumlah jenjang pendidikan, rasio dosen terhadap mahasiswa, dan biaya pendidikan. Dari hasil analisis biplot klasik dan Robust biplot diperoleh beberapa informasi, yaitu terbentuknya beberapa kelompok PTS, keragaman peubah, korelasi antar peubah dan nilai peubah pada suatu objek. Nilai kesesuaian antara biplot klasik dan robust biplot hampir sama, keduanya memiliki nilai mendekati satu maka biplot yang dihasilkan sangat baik. Namun pada pemetaan PTS di Jawa Timur analisis menggunakan biplot klasik menunjukkan hasil yang lebih baik dari robust biplot.

Article Details

Section
Applied Mathematics

References

[1]Jollifea and Rawlings, Principal Component Analysis Springer-Verlag, New York,1986.

[2]M.Gunarto dan M.A.Syarif, ˜Penggunaan Analisis Biplot pada Pemetaan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang, Forum Manajemen Indonesia, Vol.6, Medan, 2014.

[3]K.R.Gabriel, The Biplot Graphic Display of Matrices With Application toPrincipal Analysis, Biometrika, Vol.58[3], pp 453-467, 1971.

[4]A.A. Mattjik dan I.M.Sumertajaya, Sidik Peubah Ganda dengan Menggunakan SAS, Institut Pertanian Bogor (IPB):Departemen Statistika, 2011.
[5]D.M. Hawkins, L.Liu, S.S.Young, ˜Robust Singular Value Decomposition, National Institute of Statistical Science, Vol.122, pp.1-12, 2001.
[6]Kopertis Wilayah VII, Informasi Data Perguruan Tinggi Swasta, Direktori Kopertis VII, 2016.
[7]Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Profil Perguruan Tinggi. Kementrian Riset, Teknlogi dan Pendidikan Tinggi, 2016. (http:forlap.dikti.go.id, diakses Juli 2016).

[8]Wikipedia Bahasa Indonesia, Daftar Perguruan Tinggi Swasta di JawaTimur, http//id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_ di_Jawa_Timur. 2016. (28 April 2016).