PENERAPAN NONPREEMPTIVE GOAL PROGRAMMING PADA PENJADWALAN SATUAN PENGAMANAN

Main Article Content

Dandi AM Manoy
Victor R. Sulangi
James U. L. Mangobi

Abstract

Penjadwalan satuan pengamanan secara konvensional (bersifat manual) merupakan masalah pada sistem manajemen lembaga tersebut. Sehingga, melanggar ataupun tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan dalam pembuatan jadwal. Pada makalah ini Kendala-kendala penjadwalan satuan pengamanan dibagi menjadi, yaitu kendala utama dan kendala tambahan yang  akan dimodelkan dalam bentuk Linear Programming, kemudian diselesaiakan dengan Nonpreemptive Goal Programming. Data yang didapatkan antara lain jumlah regu, banyaknya wilayah, dan pembagian shift kerja. Terdapat 3 variasi penjadwalan yang dibentuk dimana ketiga variasi tersebut memiliki perbedaan pada jumlah regu ataupun jumlah shift kerja. Penjadwalan yang dihasilkan menunjukan pemerataan dalam jam kerja dan maksimal hari kerja secara berturut-turut  setiap regu. Jadwal yang dihasilkan optimal berdasarkan jumlah regu, banyaknya wilyah penjagaan dan shift kerja yang diterapkan.

Article Details

Section
Applied Mathematics

References

[1] I. Irsyad, M. R. Katili, and N. Achmad, œPenerapan Metode Integer Linear Programming Pada Penjadwalan Karyawan, J. Ris. dan Apl. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 6373, 2020.

[2] E. Damanik and P. Gultom, œPenerapan Metode Goal Programming Untuk Mengoptimalkan ProduksI, Saintia Mat., vol. 1, no. 2, pp. 117128, 2013.

[3] Ii. A. Faatih, Penjadwalan pegawai menggunakan integer linear programming¯: studi kasus pada pegawai non operasional stasiun depok izzar arrisyad faatih. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2018.

[4] F. R. Mardiah, Penjadwalan Petugas Satuan Pengamanan Menggunakan Nonpreemptive Goal Programming dan Implementasinya di Intitut Pertanian Bogor. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2017.

[5] D. G. Luenberger and Y. Yinyu, Linear and Noninear Programming, Third. New York: Springer, 2008.

[6] G. Igor, S. G. Nash, and A. Sofer, Linear and Nonlinear Optimization, Second. Philadelphia: siam, 2009.

[7] F. S. Hillier and G. J. Lieberman, Introduction to Operations Research, Ninth. New York: McGraw-Hill, 2010.

[8] D. Jones and M. Tamiz, International Series in Operations Research & Management Science Introduction. New York: Springer, 2010.

[9] H. A. Taha, Operation Reseach an Introduction, Tenth. London: Pearson, 2017.