PENGARUH PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMP NEGERI 2 KELUMPANG TENGAH

Ristati Ningsih, Endang Susantini, Bambang Sugiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design dengan menggunakan satu kelompok subjek yaitu siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam: (1) meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa dengan skor N-Gain berkategori tinggi; dan (2) mencapai ketuntasan indikator kompetensi keterampilan siswa yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 89 atau berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan mencapai ketuntasan indikator kompetensi keterampilan siswa SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah.


Keywords


Tipe Connected, Kompetensi Pengetahuan, Kompetensi Keterampilan

Full Text:

PDF

Article Metrics
Abstract view: 803 times
PDF: 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ristati Ningsih, Endang Susantini, Bambang Sugiarto



Publisher

Science Education
Postgraduate School
Universitas Negeri Surabaya
Jl Ketintang, Gd K4 lt. 02, Surabaya 60231, Indonesia
Website: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps
Email: jpps@unesa.ac.id

in collaboration with:

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Website: http://ppii.or.id/
SK Kemkumham: pdf
Mou: pdf

Indexing by:

Copyright (c) Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS)

ISSN 2549-1597 (Online) and ISSN 2089-1779 (Print)