PENGARUH PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMP NEGERI 2 KELUMPANG TENGAH

Authors

  • Ristati Ningsih Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sugiarto Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1355-1362

Keywords:

Tipe Connected, Kompetensi Pengetahuan, Kompetensi Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design dengan menggunakan satu kelompok subjek yaitu siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam: (1) meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa dengan skor N-Gain berkategori tinggi; dan (2) mencapai ketuntasan indikator kompetensi keterampilan siswa yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 89 atau berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan mencapai ketuntasan indikator kompetensi keterampilan siswa SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-16

How to Cite

Ningsih, R., Susantini, E., & Sugiarto, B. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMP NEGERI 2 KELUMPANG TENGAH. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1355–1362. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1355-1362

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1304 , PDF Downloads: 604