PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOOPERATIF UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI

Asri Fahmiati, Endang Susantini, Fida Rachmadiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang layak untuk melatih literasi  siswa Sekolah Menengah Pertama. Pengembangan perangkat menggunakan model pembelajaran 4D, dan diujicobakan di kelas VII SMP Al Hikmah Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan menerapkan perangkat pembelajaran model Cooperative Learning. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid; (2) pembelajaran terlaksana dengan kategori baik; (3) perangkat yang disusun dapat melatih literasi sains siswa sehingga mendapatkan N-Gain 0,84 dengan kategori tinggi; (4) Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan dengan model Cooperative Learning layak digunakan untuk melatih literasi sains siswa.

Keywords


Perangkat Pembelajaran, Model Cooperative Learning, Literasi Sains.

Full Text:

PDF

Article Metrics
Abstract view: 176 times
PDF: 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Asri Fahmiati, Endang Susantini, Fida Rachmadiati



Publisher

Science Education
Postgraduate School
Universitas Negeri Surabaya
Jl Ketintang, Gd K4 lt. 02, Surabaya 60231, Indonesia
Website: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps
Email: jpps@unesa.ac.id

in collaboration with:

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Website: http://ppii.or.id/
SK Kemkumham: pdf

Indexing by:

Copyright (c) Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS)

ISSN 2549-1597 (Online) and ISSN 2089-1779 (Print)