Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE (Planing, Activities, Class discussion, Exercise) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Authors

  • Syukrimansyah Syukrimansyah Program Studi Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda
  • Muhammad Hasan Program Studi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
  • Rini Safitri Jurusan Fisika FMIPA Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1317-1323

Keywords:

Modul, PACE, Motivasi.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan judul pengembangan modul praktikum berbasis pendekatan PACE  pada materi listrik dinamis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Takengon. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods desain embedded experimental Model. Pendekatan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Metode ini terdiri dari dua proses pokok, yaitu jenis penelitian kuantitatif disertai dengan penelitian  kualitatif  yang embedded di dalamnya, dan proses interprestasi kualitatif didasarkan pada hasil penelitian. Rancangan penelitian kuantitatif menggunakan Pre-Experimental design  menggunakan rancangan The One Group Pretest Posttest Design. Angket untuk mengetahui motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul Pace dalam pembelajaran. Hasil uji normalitas dan homogenitas  menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t diperoleh t hitung>ttabel (4,55 >2,02)  artinya terjadi perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul Pace. Selain itu siswa  juga memberikan tanggapan yang positif  terhadap penggunaan modul PACE, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul PACE dapat meningkatkan motivasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-16

How to Cite

Syukrimansyah, S., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE (Planing, Activities, Class discussion, Exercise) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1317–1323. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1317-1323

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1971 , PDF Downloads: 843