Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE (Planing, Activities, Class discussion, Exercise) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1317-1323Keywords:
Modul, PACE, Motivasi.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan judul pengembangan modul praktikum berbasis pendekatan PACE pada materi listrik dinamis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Takengon. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods desain embedded experimental Model. Pendekatan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Metode ini terdiri dari dua proses pokok, yaitu jenis penelitian kuantitatif disertai dengan penelitian kualitatif yang embedded di dalamnya, dan proses interprestasi kualitatif didasarkan pada hasil penelitian. Rancangan penelitian kuantitatif menggunakan Pre-Experimental design menggunakan rancangan The One Group Pretest Posttest Design. Angket untuk mengetahui motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul Pace dalam pembelajaran. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t diperoleh t hitung>ttabel (4,55 >2,02) artinya terjadi perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul Pace. Selain itu siswa juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan modul PACE, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul PACE dapat meningkatkan motivasi siswa.