Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Authors

  • Faizah Muna Nabila Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh
  • Abdul Gani Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh
  • Habibati Habibati Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1310-1316

Keywords:

Scaffolding, Ketuntasan Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon.

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitan eksperimen. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 dan 31 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes (tes awal dan ulangan harian) serta lembar observasi sikap. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji-t untuk membuktikan hipotesis serta rumus persentase. Berdasarkan uji hipotesis hasil yang diperoleh yaitu Ho diterima karena hasil thitung< ttabel yaitu 1,853 < 2,0409. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sedikit lebih tinggi dari kelas kontrol dengan persentase sebesar 73 > 69,66%. Penilaian sikap secara klasikal diolah dengan menggunakan rumus persentase dengan hasil rata-rata sebesar 74,8% pada kelas eksperimen dan 73,16% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-16

How to Cite

Nabila, F. M., Gani, A., & Habibati, H. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1310–1316. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1310-1316

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1109 , PDF Downloads: 2238