PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Authors

  • Aji Siswaji Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Soeparman Kardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Supardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1302-1309

Keywords:

Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan yang bertujuan mengembangkan instrumen pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan mengadaptasi model 4-D, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pada pembelajaran di kelas menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas perangkat pembelajaran yang meliputi: (a) Validitas komponen RPP dengan skor rata-rata 4,09 (sangat baik), (b) Rerata skor BAS yang meliputi sub komponen kelayakan isi 3,53 (sangat baik), kebahasaan 3,43 (sangat baik), penyajian 3,42 (sangat baik), (c) Rata-rata skor validasi LKS 4,32 (sangat baik), (d) Soal pretest-posttest yang valid. (2) Keterlaksanaan KBM rata-rata 3,86 (sangat baik), aktivitas siswa mempunyai indeks reliabilitas rata-rata 90% dengan kegiatan paling dominan berdiskusi dalam merumuskan kesimpulan. Analisis N-Gain hasil belajar siswa menunjukkan: 42% siswa mengalami peningkatan sedang dan 58% siswa mengalami peningkatan yang tinggi. Respon siswa menunjukkan tertarik, mudah dan berminat dalam mengikuti KBM. Berdasarkan hasil-hasil analisis data dalam  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-16

How to Cite

Siswaji, A., Kardi, S., & Supardi, I. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1302–1309. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1302-1309

Issue

Section

Articles
Abstract views: 591 , PDF Downloads: 403