PEMBELAJARAN DISCOVERY DISERTAI PENULISAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 PROBOLINGGO

Nur Hidayati

Abstract


Kemampuan kerja ilmiah penting bagi siswa saat belajar IPA maupun masa depannya, karena melalui serangkaian kerja ilmiah, pengetahuan yang didapat menjadi lebih bermakna yang pada akhirnya siswa memiliki cara berpikir dan beraktivitas sebagai saintis melalui metode ilmiah. Kemampuan kerja ilmiah masih rendah terutama dalam merumuskan masalah dan hipotesis sehingga dibutuhkan pembelajaran yang menekankan kerja ilmiah pada setiap proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 1 Probolinggo. Data dalam penelitian ini meliputi data keterlaksanaan pembelajaran, jurnal belajar, dan kemampuan kerja ilmiah. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery disertai penulisan jurnal belajar dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Probolinggo. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat 7.75% dari 90.50% menjadi 98.25%, terjadi peningkatan kemampuan dalam menulis jurnal belajar, dan kemampuan kerja ilmiah meningkat 23% dari 73.50% menjadi 96.50%.

Keywords


Pembelajaran Discovery, Jurnal Belajar, Kemampuan Kerja Ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPPIPA (JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN IPA) 
p-ISSN : 2527-7537 e-ISSN : 2549-2209

Alamat Penyunting dan Tata Usaha: 
Ruang Dosen Jurusan IPA
Gedung C12 Lantai 1 Jalan Ketintang Kampus Unesa Kode Pos 60213
Telp. +6285331957110
Homepage: http://fmipa.unesa.ac.id/sains
E-mail: jppipa@unesa.ac.id

 

joomla
analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.