PENERAPAN MODIFIED PROBLEM BASED LEARNING DENGAN GALLERY WALK (GW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN PETA PIKIRAN DAN HASIL BELAJAR IPA

Karyatin Karyatin

Abstract


Proses pembelajaran sedapat mungkin melibatkan para siswa dalam memecahkan permasalahan, mengijinkan para siswa untuk aktif membangun dan mengatur pembelajarannya, dan dapat menjadikan siswa yang berpikir realistis. Untuk mengakomodasi
siswa dalam memecahkan masalah dan diskusi menjadi lebih interaktif, juga bisa menjadi salah satu alternatif umpan balik  antar siswa dan guru dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode diskusi kelas berupa Galery Walk (GW). Konsep ini menjelaskan bahwa belajar terjadi aksi siswa, pendidik hanya berperan dalam memfasilitasi terjadinya aktivitas kontruksi pengetahuan oleh pebelajar. Pendidik harus memusatkan perhatiannya untuk membantu siswa dalam mencapai keterampilan (self directed learning). Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan
pembelajaran, mengukur keterampilan menyusun peta pikiran, dan hasil belajar kognitif IPA siswa. Data hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan strategi diskusi kelas GW mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 92% dan siklus II mencapai 98%, sehingga meningkat sebesar 6%. Keterampilan menyusun peta pikiran pada siklus I dengan rata-rata mencapai level cukup baik meningkat dengan level baik pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif IPA pada siklus I sebesar 76 dan menjadi 79 pada siklus II.


Keywords


modified problem based learning, gallery walk, peta pikiran, dan hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPPIPA (JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN IPA) 
p-ISSN : 2527-7537 e-ISSN : 2549-2209

Alamat Penyunting dan Tata Usaha: 
Ruang Dosen Jurusan IPA
Gedung C12 Lantai 1 Jalan Ketintang Kampus Unesa Kode Pos 60213
Telp. +6285331957110
Homepage: http://fmipa.unesa.ac.id/sains
E-mail: jppipa@unesa.ac.id

 

joomla
analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.