Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)
Abstract
Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), di bawah naungan Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI), berperan sebagai garda depan diplomasi pendidikan Indonesia di Malaysia, mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) berbasis Pancasila dan UUD 1945. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) serta mengembangkan solusi berupa penerapan metode pembelajaran berbasis video yang efektif serta berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa di abad ke-21. Metode penelitian meliputi studi pendahuluan, penyampaian materi melalui pelatihan ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi pengolahan bahan pustaka, serta perencanaan pembelajaran berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) sebagian besar masih menggunakan metode konvensional, yaitu metode pembelajaran berbasis teks melalui modul dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Untuk mengatasi hal ini, solusi yang kami lakukan adalah melalui pelatihan media pembelajaran berbasis video. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pendidik terkait pembelajaran berbasis video serta memberikan kemampuan kepada sekolah mitra untuk mengembangkan sendiri media pembelajaran berbasis video yang dapat diterapkan pada masing-masing mata pelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

