Transformation of Teaching Methods: Differentiated Learning Design Training for Teachers

Authors

  • Atan Pramana Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Mitra Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah para Guru. Berdasarkan analisis awal diketahui bahwa Guru masih mengalami kesulitan dalam mendeteksi karakteristik siswa, dan mengembangkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang beragam pula. PKM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam memfasilitasi siswa untuk belajar, maka diadakan pelatihan tentang desain pembelajaran berdiferensiasi yang sejalan dengan konsep merdeka belajar. Metode yang digunakan PKM Project Based learning, diawali dengan pemaparan materi dan demonstrasi teknis oleh narasumber lalu diberikan penugasan yang nanti akan dilakukan pendampingan secara daring, sampai Guru mampu mengimplementasikan desain pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajarannya. Subjek pelatihan adalah mitra Guru yang berjumlah 30 orang. Hasil pelatihan berjalan dengan lancar dan sukses, peserta juga sangat antusias mengikuti pelatihan. Pada kegiatan ini ditemukan bahwa Guru usia tua mengalami kesulitan dalam proses menggunakan teknologi untuk mengembangkan ragam bahan ajar/media pembelajaran, sedangkan penggunaan teknologi tidak ada kendala untuk para Guru usia muda dan beberapa kali juga menerapkan saat mengajar, sehingga dapat mengikuti dengan baik sesuai harapan. Pelatihan desain pembelajaran berdiferensiasi menggunakan berbagai media, studi kasus, dan projek desain pembelajaran agar Guru dapat menggunakan teknologi pada berbagai ragam bahan ajar/media pembelajaran, ragam proses, ragam produk, dan ragam lingkungan yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pelatihan, Desain Pembelajaran, Desain Pembelajaran Berdiferensiasi, Guru, Sekolah Menengah Atas

Downloads

Published

2024-12-21
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 85