AKTIVITAS PERCOBAAN MENANAM HIDROPONIK BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGY BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpm.v3n1.p1-6Abstrak
Aktivitas pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring selama pandemic Covid-19 selain memberikan kemudahan juga berdampak semakin terbatasnya praktik pembelajaran berbasis aktivitas yang diorientasikan untuk menghasilkan produk/karya. Untuk mengatasi kendala tersebut diantaranya dapat difasilitasi melalui kegiatan praktek percobaan sederhana menanam tanaman hidroponik agar dapat memfasilitasi kemandirian belajar, kreativitas serta kolaborasi siswa dengan orangtua. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikemas melalui pelatihan online melalui flatform zoom webmeeting selama tiga sesi yang meliputi sesi pemaparan materi pelatihan, praktik mandiri percobaan menanam hidroponik teknik wick system, dan refleksi dan rencana tindak lanjut. Kegiatan ini diikuti para siswa Sekolah Dasar (SD) beserta pendamping yang tersebar di tiga Daerah Kota/Kabupaten di Jawa Timur meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo. Peserta kegiatan ini merupakan masyarakat perkotaan yang umumnya memiliki lahan terbatas sehingga cocok secara teknis dengan aktivitas penanaman hidroponik. Tahap praktik percobaan dilakukan mulai dari penyemaian hingga pembibitan dengan memanfaatkan paket pelatihan berupa starkit serta modul pendampingan menanam hidroponik. Selama persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pelatihan, peserta menunjukan antusias yang tinggi. Berdasarkan refleksi dan tindak lanjut dari kegiatan ini sangat membantu untuk mengembangkan kemandirian belajar, kerjasama siswa dan orangtua, serta dapat menjadi aktivitas alternatif untuk diterapkan di rumah di lingkungan sekitar dan di sekolah selama masa pandemi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

