PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS SECARA DARING BAGI GURU YAYASAN PENDIDIKAN EBEN HAEZER SALATIGA

Authors

  • Sophia Tri Satyawati Universitas Kristen Satya Wacana http://orcid.org/0000-0002-9896-5622
  • Yari Dwikurnaningsih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Bambang Ismanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Ade Iriani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wasitohadi Wasitohadi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Marinu Waruwu Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p67-77

Abstract

Salah satu cara yang strategis bagi pendidik untuk meningkatkan dan atau memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks pembelajaran di kelas adalah dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK), namun fakta di lapangan menunjukkan belum banyak guru melaksanakan PTK. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan bertujuan untuk: 1) membekali  pemahaman dan wawasan guru-guru tentang penelitian tindakan kelas, 2) meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Kegiatan dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Eben Haezer, Kota Salatiga dengan jumlah peserta sebanyak 20 guru. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan melalui model in-on service training secara online. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas pada semua aspek dengan kriteria baik, sedangkan hasil penyusunan proposal PTK sampai dengan siap untuk diimplementasikan masih kurang. Kegiatan pengabdian akan ditindaklanjuti pada tahap kedua yaitu pendampingan intensif penyelesaian penyusunan proposal, pelaksanaan, dan pelaporan hasil PTK.

Author Biography

Sophia Tri Satyawati, Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Ilmu Pendidikan, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana salatiga

Lektor/Penata/IIIC

References

<p align="left">Syamsuddin, A. (2007). <em>Psikologi Pendidikan. Bandung</em>: PT Remaja Rosda</p><p align="left">Arikunto, Suharjono, &amp; Supardi. (2010). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta, Bumi Aksara</p><p align="left">Hopkins. (1993). <em>Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut</em>). Yogyakarta, Pustaka Belajar</p><p align="left">Kember, D. (2000). <em>Improving The Quality of Teaching and Learning. </em>London, Great Britain by Biddies, Ltd</p><p align="left">Komalasari, K., Rahmat, Anggraini, D,N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn, <em>Jurnal ABDI Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat</em>, 3(1), 16-27</p><p align="left">Mahmuda. (2016). Pengembangan Pedoman In Service Training Pada Kurikulum 2013 Melalui KKG-PAI Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pai Di Kecamatan Panji Situbondo. <em>JPPI</em>, 1(1), 21-31.</p><p align="left">Mediatati, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Proposal penelitian Tindakan Kelas melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif, <em>Jurnal Manajemen Pendidikan Kelola,</em> 3(1), 148-163</p><p align="left">McNiff, Jean. (1992). <em>Action Research: Principles and Practice.</em> London. MacMillan Education Ltd.</p><p align="left">Mundilarto, Rustam. (2004). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional</p><p>Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran, <em>Jurnal Edunomika</em>, 2(1), 36-46.</p><p>Undang Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen</p>

Downloads

Published

2022-02-05
Abstract views: 198 , PDF Downloads: 254