PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS SECARA DARING BAGI GURU YAYASAN PENDIDIKAN EBEN HAEZER SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p67-77Abstract
Salah satu cara yang strategis bagi pendidik untuk meningkatkan dan atau memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks pembelajaran di kelas adalah dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK), namun fakta di lapangan menunjukkan belum banyak guru melaksanakan PTK. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan bertujuan untuk: 1) membekali pemahaman dan wawasan guru-guru tentang penelitian tindakan kelas, 2) meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Kegiatan dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Eben Haezer, Kota Salatiga dengan jumlah peserta sebanyak 20 guru. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan melalui model in-on service training secara online. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas pada semua aspek dengan kriteria baik, sedangkan hasil penyusunan proposal PTK sampai dengan siap untuk diimplementasikan masih kurang. Kegiatan pengabdian akan ditindaklanjuti pada tahap kedua yaitu pendampingan intensif penyelesaian penyusunan proposal, pelaksanaan, dan pelaporan hasil PTK.
References
Syamsuddin, A. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda
Arikunto, Suharjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara
Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta, Pustaka Belajar
Kember, D. (2000). Improving The Quality of Teaching and Learning. London, Great Britain by Biddies, Ltd
Komalasari, K., Rahmat, Anggraini, D,N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn, Jurnal ABDI Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16-27
Mahmuda. (2016). Pengembangan Pedoman In Service Training Pada Kurikulum 2013 Melalui KKG-PAI Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pai Di Kecamatan Panji Situbondo. JPPI, 1(1), 21-31.
Mediatati, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Proposal penelitian Tindakan Kelas melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif, Jurnal Manajemen Pendidikan Kelola, 3(1), 148-163
McNiff, Jean. (1992). Action Research: Principles and Practice. London. MacMillan Education Ltd.
Mundilarto, Rustam. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran, Jurnal Edunomika, 2(1), 36-46.
Undang Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

