BIMBINGAN DAN KONSELING MULTIBUDAYA DENGAN LATIHAN EMPATI GURU DI SD NAMIRA KRAKSAAN PROBOLINGGO PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nabila Hamzati Universitas Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Khusumadewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p102-107

Abstract

 

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  bertujuan meningkatkan kesadaran dan kompetensi multibudaya untuk Guru Sekolah Dasar. Tempat PKM di SD Namira Kraksaan Probolinggo. Bimbingan dan Konseling Multibudaya (BKM) dapat meningkatkan rasa empati guru terhadap pengalaman siswa yang berbeda.   Jika kompetensi guru meningkat maka kualitas sekolah akan lebih baik. Target pelatihan adalah pemahaman multibudaya guru di SD Namira sehingga dapat membantu siswa dengan ragam masalah berbeda. Dapat memahami penyebab masalah yang berasal dari pengalaman maupun latar belakang siswa yang unik.  Metode PKM dengan diskusi, pelatihan dan penugasan. Pelatihan Bimbingan dan Konseling Multibudaya secara daring dengan diskusi mendalam oleh guru. Guru menyampaikan pengalaman mengajar dan melakukan refleksi. Guru belajar memahami materi yang disampaikan narasumber dalam pelatihan serta melakukan diskusi langsung dengan narasumber dan peserta lain. Metode pelatihan penugasan digunakan agar selain mendapatkan materi dari narasumber dalam pelatihan, guru dapat mengasah dan mempraktekkan hasil pelatihan secara langsung melalui pengalaman langsung. Setelah melaksanakan pelatihan, guru atau peserta mengisi instrumen berupa angket mengenai kebermanfaatan materi pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pelatihan dan mengevaluasi pelaksanaan pelatihan.

References

<p>Jelinska, M., &amp; Paradowski, M. B. (2021). <em>Teachers Engagement in and Coping with Emergency Remote Instruction during COVID-19 Induced School Closures: A Multinational Contextual Perspective</em>. Online Learning, 25(1), 303328.</p><p>Kolayis, H., Turan, H., &amp; Ulusoy, Y. O. (2012). <em>Comparison of Problem-Solving Disposition of Students in Physical Education Teacher and Psychological Counseling and Guidance.</em> Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 19391942.</p><p>Lai-Yeung, S. W. (n.d.). <em>The Need for Guidance and Counselling Training for Teachers.</em> Procedia - Social and Behavioral Sciences, 113, 36-43. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.008</p><p>Lewis, J. A., Lewis, M. D., Daniels, J. A., &amp; DAndrea, M. J. (2010). <em>Community Counseling: A Multicultural-Social Justice Perspective</em><em>.</em> Nelson Education.</p><p>Lin, Y., Hu, Z., Alias, H., &amp; Wong, L. P. (2020). <em>Influence of Mass and Social Media on Psychobehavioral Responses among Medical Students during The Downward Trend of COVID-19 in Fujian, China: Cross-Sectional Study.</em> Journal of Medical Internet Research, 22(7), e19982.</p><p>Puukari, S., &amp; Launikari, M. (2005). <em>Multicultural Counselling Starting Points and Perspectives.</em> Multicultural, 27.</p><p>Rassool, G. H. (2015). <em>Cultural Competence in Counseling The Muslim Patient: Implications for Mental Health.</em> Archives of Psychiatric Nursing, 29(5), 321325.</p><p>Sanjaya, D. R. H. W. (2016). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em><em>.</em> Prenada Media.</p><p>Santi, E. A., Gorghiu, G., &amp; Pribeanu, C. (2020). <em>Teachers Perceived Self-Efficacy for Mobile Teaching and Learning.</em> Romanian Journal for Multidimensional Education/Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12.</p><p>Wagner, B., Nagl, M., Dölemeyer, R., Klinitzke, G., Steinig, J., Hilbert, A., &amp; Kersting, A. (2016). <em>Randomized Controlled Trial of an Internet-Based Cognitive-Behavioral Treatment Program for Binge-Eating Disorder. </em>Behavior Therapy, 47(4), 500514.</p>

Downloads

Published

2022-02-05
Abstract views: 253 , PDF Downloads: 360