PELATIHAN PENULISAN BEST PRACTICE UNTUK MERAIH PREDIKAT GURU BERPRESTASI BAGI GURU SDN TANJUNGGUNUNG PETERONGAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p15-20

Abstract

Di Indonesia, fenomena guru yang tidak mampu naik pangkat secara periodik dan rutin sungguh meresahkan. Hal itu disebabkan oleh ketidaksiapan mereka dalam memenuhi persyaratan karya ilmiah, terutama, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Guru yang termotivasi menjadi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru teladan, mereka diwajibkan memiliki karya ilmiah yang sangat prestisius yang disebut dengan Best Practice (praktik terbaik di bidang pendidikan). Namun, permasalahan yang terjadi saat ini  adalah  minimnya  pengetahuan  guru  tentang bagaimana menulis best practice dengan benar. Fokus pengabdian ini adalah yang kedua, yakni pelatihan penulisan Best Practice. Di SDN Tanjunggunung terdapat 12 tenaga pendidik yang terdiri dari 12 guru dan 1 kepala sekolah dari total 13 orang hanya terdapat 3 orang yang berhasil menyelesaikan karya ilmiahnya berupa best practice. Berdasarkan permasalahan diatas program pengabdian masyarakat STKIP PGRI Jombang  bertujuan  memberikan  pelatihan penulisan best practice.  Pelatihan ini bertujuan membantu mengatasi salah satu persoalan yang dihadapi mitra. Sehingga melalui kegiatan pengabdian ini, kompetensi guru dalam menulis best practice meningkat. Hal ini dibuktikan dengan dihasilkan draft best practice yang sesuai dengan buku panduan dari kemendikbud oleh guru-guru SDN Tanjunggunung Peterongan kabupaten Jombang.

 

Author Biographies

Rukminingsih Rukminingsih, STKIP PGRI Jombang

English Language Department

Hartia Novianti, STKIP PGRI Jombang

English Language Education Department

References

<div class="WordSection1"><p>Apandi, Idris. (2018). Teknik Menulis "Best</p><p>Practice" bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta Kemendikbud Press.</p><p>Mukhadis, A., Putra, A. B. N. R., Nidhom,</p><p>A. M., Dardiri, A., &amp; Suswanto, H.(2018). The Relevance of vocational high school program with regional potency  priority in Indonesia. <em>Journal of Physics: Conference Series</em>, 1028, 18.</p><p>Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan</p><p>     Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga</p><p>Kependidikan.(2016).<em>Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. </em>Jakarta Kemendikbud Press.</p><p align="left">Khlaisang, J., &amp; Songkram, N. (2019).</p><p align="left">Designing a virtual learning environment system for teaching twenty-first century skills to higher education students in ASEAN. <em>Technology, Knowledge and Learning</em>, <em>24</em>(1),4163.</p><p><a href="http://doi.org/10.1007/s10758-017-9310-7">http://doi.org/10.1007/s10758-017-9310-7</a></p><p align="left">Kim, S., Raza, M., &amp; Seidman, E.(2019).</p><p align="left">Improving21st-century teaching skills: The key toeffective 21st- centurylearners. <em>Research inComparative &amp; International Education</em>,<em>14</em>(1), 99 117.</p><p align="left"><a href="http://doi.org/10.1177/1745499919829214">http://doi.org/10.1177/1745499919829214</a></p><p>Putra, A. B.N.R., Syafrudie, H. A., Nidhom, A.</p><p>M., Smaragdina, A. A., Md Yunos, J. B., Sembiring, A. I., &amp; Eriyanto. (2020). The innovation of module training based heutagogy as an acceleration for increasing pedagogical supremacy of vocational education lecturers in the industrial revolution 4.0. <em>Journal of Physics: Conference Series</em>, 1456(1), 07.</p><p align="left">Tuwoso, T., Putra, A. B. N. R., Mukhadis,</p><p align="left">     A.,Mahamad, A. K. B., &amp; Sembiring, A. I.</p><p align="left">     (2020). Development of MOOCs  </p><p align="left">     synchronized life-based learning to   </p><p align="left">     improvethe quality of outcomes in  </p><p align="left">     prospective vocational teachers in the era</p><p align="left">     of education4.0. <em>Journal of Physics: </em></p><p align="left"><em>    Conference Series</em>,<em>1456</em>(1), 07.</p><p align="left">    <a href="http://doi.org/10.1088/1742-6596/">http://doi.org/10.1088/1742-6596/</a></p><p>Undang Undang Nomor 14 Tahun (2005)</p><p>tentang Guru dan Dosen.  <a href="http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/U">http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/U</a>.</p><p class="DaftarPustaka">Skorton, D. (2019). Branches from the same tree:The case for integration in higher education.<em>PNAS Direct Submission</em>, <em>116</em>(6), 18651869.</p><p align="left">      <a href="http://doi.org/10.1073/pnas.1807201115">http://doi.org/10.1073/pnas.1807201115</a></p><p class="DaftarPustaka">Triyono A. (2010). <em>Pengaruh Konsentrasi Ragi </em></p><p class="DaftarPustaka"><em>Terhadap Karakteristiksari Buah Dari Beberapa Varietas Pisang (Musa</em><em> </em><em>Paradisiaca L)</em>. Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI. <a href="http://repository.upnyk.ac.id/547/1/12.pdf">http://repository.upnyk.ac.id/547/1/12.pdf</a></p></div><br clear="all" /><p class="DaftarPustaka"> </p><p class="DaftarPustaka"><strong> </strong></p><p class="DaftarPustaka"><strong> </strong></p><p class="DaftarPustaka"><strong> </strong></p>

Downloads

Published

2022-02-18
Abstract views: 410 , PDF Downloads: 655