PELATIHAN OPTIMALISASI FUNGSI USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENINGKATKAN BUDAYA HIDUP SEHAT WARGA SEKOLAH

Authors

  • karwanto karwanto Universitas Negeri Surabaya
  • nunuk hariyati Universitas Negeri Surabaya
  • mudjito mudjito Universitas Negeri Surabaya
  • amrozi khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • afakhrul masub bachtiar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p82-88

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk pengoptimalan fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolahan dasar sebagai bentuk kepedulian budaya sehat warga sekolah. Perlu sebuah tindakan di masa pandemi covid-19 saat ini yang menjadi bentuk keprihatinan dalam kesehatan pada semua warga sekolah khususnya para siswa-siswi dalam menjaga kesehatan pasca covid-19. Tentunya hal ini merupakan sebuah langkah awal yang kedepannya bisa menjadi sebuah budaya yang terus dilakukan.  Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam pengoptimalan fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dapat dijelaskan sebagai berikut; (1) Sosialisasi peran usaha kesehatan sekolah tingkat dasar; (2) Pembentukan kader tenaga medis tingkat sekolah dasar; (3) Pelatihan kader tenaga medis tingkat sekolah dasar; (4) Penyuluhan program kerja UKS di sekolah; (5) Pelatihan pembuatan administrasi sederhana. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menunjukan bahwa. Pertama, masalah-masalah yang dihadapi guru terkait optimalisasi fungsi usaha kesehatan sekolah (UKS) dalam meningkatkan budaya hidup sehat warga sekolah di SD Negeri 1 Slempit Kedamean Gresik adalah menyangkut perubahan paradigma terkait pentingnya fungsi UKS. Kedua, dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman guru-guru terkait dengan pentingnya UKS diperlukan peningkatan SDM melalui kegiatan diklat dan non-diklat. Ketiga,perlu adanya pemahaman yang mendalam tentang pentingnya tanaman-tanaman yang dapat dijadikan obat herbal  di era pandemi covid-19.

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk pengoptimalan fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolahan dasar sebagai bentuk kepedulian budaya sehat warga sekolah. Perlu sebuah tindakan di masa pandemi covid-19 saat ini yang menjadi bentuk keprihatinan dalam kesehatan pada semua warga sekolah khususnya para siswa-siswi dalam menjaga kesehatan pasca covid-19. Tentunya hal ini merupakan sebuah langkah awal yang kedepannya bisa menjadi sebuah budaya yang terus dilakukan.  Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam pengoptimalan fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dapat dijelaskan sebagai berikut; (1) Sosialisasi peran usaha kesehatan sekolah tingkat dasar; (2) Pembentukan kader tenaga medis tingkat sekolah dasar; (3) Pelatihan kader tenaga medis tingkat sekolah dasar; (4) Penyuluhan program kerja UKS di sekolah; (5) Pelatihan pembuatan administrasi sederhana. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menunjukan bahwa. Pertama, masalah-masalah yang dihadapi guru terkait optimalisasi fungsi usaha kesehatan sekolah (UKS) dalam meningkatkan budaya hidup sehat warga sekolah di SD Negeri 1 Slempit Kedamean Gresik adalah menyangkut perubahan paradigma terkait pentingnya fungsi UKS. Kedua, dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman guru-guru terkait dengan pentingnya UKS diperlukan peningkatan SDM melalui kegiatan diklat dan non-diklat. Ketiga, perlu adanya pemahaman yang mendalam tentang pentingnya tanaman-tanaman yang dapat dijadikan obat herbal  di era pandemi covid-19.

References

<p>Anzarkusuma, I. S., Mulyani, E. Y., Jusat, I., &amp; Angkasa, D. (2014). Status Gizi Berdasarkan Pola Makan Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Rajeg Tangerang. <em>Indonesian Journal Of Human Nutrition</em>.</p><p>Apriani, L., &amp; Gazali, N. (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sekolah Dasar. <em>Jurnal Keolahragaan</em>. https://Doi.Org/10.21831/Jk.V6i1.14456</p><p>Bachrun, E. (2018). <em>Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Santa Clara</em>. Global Health Science.</p><p>Fitriahadi, E. (2018). IBM Kader UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Melalui Pelatihan Dokter Kecil Di SDN Tinom Godean Sidoarum Sleman. <em>Gemassika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</em>, <em>2</em>(2), 71-79. <a href="https://doi.org/10.30787/gemassika.v2i2.270">https://doi.org/10.30787/gemassika.v2i2.270</a>.</p><p>Johanatomasoa. (2019). <em>Asuhan Keperawatan Pemberian Jus Mentimun Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Wamlana Kecamatan Fena Leisela Kabupaten Buru</em>. Global Health Science.</p><p>Mashfufa, E. W., Aini, N., Setyowati, L., &amp; DM, O. F. (2020). Pendampingan Guru Dan Murid Giat Program UKS SDN Gampingan 2. <em>Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan</em>, <em>6</em>(1), 27-32. <a href="https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.556">https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.556</a>.</p><p>Maqfiroh, E. (2016). Pelaksanaan Dokter Kecil Dalam Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Tahun 2016. <em>Jurnal Penddikan Guru Sekoah Dasar Pendidkan Jasmani.</em></p><p>Muhtarom, A. (2015). Kualitas Pendidikan Sebagai Motor Pengerak Perekonomian Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Timur. <em>Jurnal Ekbis. </em>https://doi.org/10.30736/ekbis.v14i2.123</p><p>Muliadi, M. (2018). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar. <em>Jikap PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan</em>. https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.6858</p><p>Nur Rahayu, E. (2012). <em>Pelaksanan Program UKS dan PHBS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Wilayah Kecamatan Pleret.</em> Universitas Gadjah MadaYogyakarta.</p><p>Satria Irwandi, Nurul Ufatin, S. (2016). Peran Sekolah Dalam Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Sd Negeri 41 Mataram Kota Mataram. <em>Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.</em></p><p>Siahaan, D., Istiarti, V., &amp; Widjanarko, B. (2016). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Oleh Guru UKS Sekolah Dasar Di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. <em>Jurnal Kesehatan Masyarakat.</em> Universitas Diponegoro.</p><p>Sriawan. (2002). <em>Siswa Sekolah Dasar Sehat.</em> Bahasa Dan Seni.</p><p>Widyaningrum, R. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di SLB C Bantul. <em>Jurnal Kesehatan Madani Medika</em>, Vol 7 No 1, Juni 2016. <a href="https://doi.org/10.36569/jmm.v7i1.73">https://doi.org/10.36569/jmm.v7i1.73</a>.</p><p> Yuni, H., Nurhasanah, S., Nur, N. C., Markolinda, Y., &amp; Augia, T. (2020). Optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah Melalui Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar 10 Timpeh. <em>Buletin Ilmiah Nagari Membangun</em>, <em>3</em>(2). <a href="https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.200">https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.200</a></p>

Downloads

Published

2022-02-05
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 445