PELATIHAN PRODUK HAND SANITIZER BERBAHAN BAKU MINYAK ESENSIAL SERAI SEBAGAI UPAYA MENGHAMBAT PENYEBARAN COVID 19 BAGI GURU-GURU SEKOLAH INKLUSIF

Authors

  • sri joeda andajani Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • yuliati yuliati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p34-44

Abstract

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman keterampilan dalam
memproduksi hand sanitizer berbahan dasar minyak atsiri serai sebagai upaya pencegahan penyebaran
Covid-19 bagi guru sekolah dasar inklusif. Pelatihan dilakukan oleh para guru guna mencegah penyebaran
Covid 19 kepada siswa berkebutuhan khusus. Metode pelatihan yang diterapkan dapat dilihat melalui desain
berikut ini 1) mengetahui kondisi awal atau masukan guru SD Inklusif tentang pengetahuan hand sanitizer,
2) proses pelatihan dalam memproduksi hand sanitizer, dan 3) hasil yang diharapkan setelah pelatihan.
Derajat keberhasilan peningkatan pelatihan hand sanitizer bagi guru terletak pada kinerja pembuatan hand
sanitizer sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyajikan pengetahuan faktual serta
prakteknya

References

Achmad, S.A., Hakim, E.H., Makmur, L, Syah, Y.M,, Juliawaty, L,D,, Mujahidin, D. (2007). Ilmu Kimia dan Kegunaan Tumbuh-Tumbuhan Obat Indonesia. Jilid 1. Bandung: Penerbit ITB.
Anonim. 1 Mei 2020: Ada 10.551 Kasus Positif COVID-19 di Indonesia, 1.591 Sembuh, 800 Meninggal. Liputan 6.com, 1 Mei 2020.
Costa, A.L. 1991. The School as A Home for The Mind: Teaching A Thinking Skill or Strategy Directly. Palatine. Illinois Skylight Training and Publishing, Inc.
Cushman, C. 2002. learning through doing. Ahmedabad : Blind Peoples Association.
Depdikbud. 1984. Identifikasi dan Evaluasi Anak Luar Biasa. Jakarta.
Depdikbud, 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Bina Gerak Bagi Anak Tunadaksa Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPTSB.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Modul Training of Trainers Pendidikan Inklusif. Australia Indonesia Partnership.
Efendi, Mohammad. 2013. Perspektif Pendidikan Inklusif. UM Malang: Prodi PLB-FIP.
Heward, w. L dan Schuster, J. W. 1993. Student With Severe Developmental Disabilities. New York : Macmillan College Publishing Company.
Kustawan Dedy. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Mallaleng, H.R., Purwaningtyas, U., Hermawati, R., Solichah, N. (2012). Katalog Tumbuhan Obat Alam. Jilid 1. Batu: UPT Materia Medica Batu.
Mumpuni Arti. (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.
Martinez. Carolina G. 2001. Orientation and Mobility, Taken from Living Book. Online: http://isd.saginaw.k12.mi.us/-mobility/index.htm.
Suhartowo, G, dkk., 2015. Manajemen Bencana Di Sekolah. Jakarta: Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud.
¦¦¦¦¦¦¦.., 2015. Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana. Jakarta: Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud.
¦¦¦¦¦¦¦¦, 2015. Fasilitas Sekolah Aman. Jakarta: Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud.
Raharja Jaja, 2010. Pendidikan Luar Biasa Dalam Perspektif Dewasa Ini. UPI Bandung, Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus.Volume : 9 Nomor 1 Juni 2010. Halaman 76-78.
Schunk. 1999. Educational Technology: Social Self Interaction and Achievement Behavior. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Suryani Tambunan 1, Teuku Nanda Saifullah Sulaiman. 2018. Formulasi Gel Minyak Atsiri Sereh dengan Basis HPMC dan Carbopol. Majalah Farmaseutik Vol. 14 No. 2 : 87-95 ISSN-p : 1410-590x ISSN-e : 2614-0063. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Texas Deafblind Outreach. 2002. IEP Quality Indicators for Students With Deafblindness.
Tim. 2020. Pneumonia Covid-19 Diagnosis & Penatalaksanaan Di Indonesia. Diterbitkan pertama kali oleh: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. Jakarta.
Peraturan Bupati Sidoarjo. Nomor 6 tahun 2011. Tentang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.
Yuliana. 2020. Coronavirus Diseases (COVID-19) Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy. Magazine Volume 2, Nomor 1, February 2020, p. 187-192. Fakultas Kedokteran Lampung.

Downloads

Published

2021-02-11
Abstract views: 314 , PDF Downloads: 416