STRATEGI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)

Authors

  • Sri Haryati Universitas Tidar
  • Sukarno Sukarno Universitas Tidar
  • Siswanto Siswanto Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p18-23

Abstract

Guru di Indonesia masih sedikit yang mampu melaksanakan PTK. PTK merupakan bagian penting dari PKB.
Salah satu penyebabnya adalah model pelatihan yang hanya menekankan pemahaman (berupa sosialisasi)
dan penggunaan teknik pelatihan yang monoton (satu arah) serta dilaksanakan tanpa pendampingan.
Pengabdian ini bertujuan menemukan strategi PKB bagi guru SD dan MI di Kota Magelang melalui pelatihan
dan pendampingan penelitian tindakan kelas berbasis pembelajaran aktif. Para peserta yang berjumlah 25
orang dilatih dan didampingi melaksanakan dan melaporkan PTK untuk meningkatkan mutu proses dan
hasil pembelajaran. Hasil pengabdian ini selanjutnya dijadikan dasar untuk mengembangkan strategi
keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan terpadu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
berbasis pembelajaran aktif. Produk yang dihasilkan adalah (1) 1 laporan individu hasil PTK dan 1 artikel
PTK, (2) 21 proposal PTK, dan (3) 1 judul PTK. Mengingat strategi ini efektif, pengabdi akan melaksanakan
pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru yang lain, dan berharap para pengabdi menggunakan strategi
ini.

References

<div class="WordSection1"><p>Arikunto, S. (2011). <em>Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas</em>. Jakarta: Penerbit Aditya Media.</p><p>Borg, W. R., &amp; Gall, M.D. 2007. <em>Educational Research: An Introduction</em>. New York: Longman.</p><p><a href="https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/mutu-guru-harus-terus-ditingkatkan">https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/mutu-guru-harus-terus-ditingkatkan</a></p><p><a href="http://lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802-karakteristik">http://lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802-karakteristik</a></p><p>Mustanaji. (2011). <em>Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat Rancangan dan Melaksanakan Penelitian Melalui Pemberdayaan KKG Bermutu bagi Guru Sekolah Dasar</em>. Jurnal Pendidikan Widyatama LPMP Jateng. Volume 8 Nomor 1 Maret 2011: 60-68.</p><p>Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang <em>Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya</em>. Jakarta: Depdiknas.</p><p>Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 5). Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas. Jakarta: Depdiknas.</p><p>Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang <em>Standar Nasional Pendidikan. </em>Jakarta: Depdiknas.</p><p>Roosilawati, E. (2014). <em>Pemahaman tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar</em>. <a href="http://lpmp.jateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802_karakteristik">http://lpmp.jateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802_karakteristik</a> diakses tanggal 16 Agustus 2020.</p><p>Sugiyono. (2009). <em>Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif</em>, dan R&amp;D. Bandung: Penerbit Alfabeta.</p><p>Sukarno. (2009). <em>Penelitian Tindakan Kelas Prinsip-Prinsip Dasar, Konsep dan Implementasinya.</em> Surakarta: Media Perkasa.</p><p>Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang <em>Sistem Pendidikan Nasional</em>. 2003. Jakarta: Depdiknas.</p><p>Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang <em>Guru dan Dosen</em>. 2005. Jakarta: Depdiknas.</p></div>

Downloads

Published

2021-02-11
Abstract views: 1621 , PDF Downloads: 2103