STRATEGI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p18-23Abstract
Guru di Indonesia masih sedikit yang mampu melaksanakan PTK. PTK merupakan bagian penting dari PKB.
Salah satu penyebabnya adalah model pelatihan yang hanya menekankan pemahaman (berupa sosialisasi)
dan penggunaan teknik pelatihan yang monoton (satu arah) serta dilaksanakan tanpa pendampingan.
Pengabdian ini bertujuan menemukan strategi PKB bagi guru SD dan MI di Kota Magelang melalui pelatihan
dan pendampingan penelitian tindakan kelas berbasis pembelajaran aktif. Para peserta yang berjumlah 25
orang dilatih dan didampingi melaksanakan dan melaporkan PTK untuk meningkatkan mutu proses dan
hasil pembelajaran. Hasil pengabdian ini selanjutnya dijadikan dasar untuk mengembangkan strategi
keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan terpadu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
berbasis pembelajaran aktif. Produk yang dihasilkan adalah (1) 1 laporan individu hasil PTK dan 1 artikel
PTK, (2) 21 proposal PTK, dan (3) 1 judul PTK. Mengingat strategi ini efektif, pengabdi akan melaksanakan
pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru yang lain, dan berharap para pengabdi menggunakan strategi
ini.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.