PENINGKATAN KOMPETENSI KONSELOR DALAM MENERAPKAN BIMBINGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP PADA MASA PENDEMI COVID 19

Authors

  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p13-17

Abstract

Dalam masa pandemi covid 19 diberlakukan kebijakan pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Proses belajar mengajar di kemas dalam on line learning dan belajar secara mandiri. Peran serta sekolah dan para guru terhadap pembelajaran siswa secara langsung berkurang. Target hasil belajar dan proses belajar tetap berjalan walaupun siswa melakukannya dengan belajar dari rumah. Kedisiplinan dan kemandirian belajar menentukan apakah siswa akan tetap belajar dan berjuang mencapai target hasil belajar atau tidak. Tanpa kemandirian belajar, program belajar mandiri di rumah tidak akan membuahkan hasil yang baik. Siswa akan menggunakan waktunya untuk aktivitas-aktivita yang tidak produktif. Self Regulated Learning (SRL) merupakan teori dan praktik tentang kemandirian belajar yang layak dikembangkan  pada siswa, terlebih pada situasi saat ini utamanya program belajar dari rumah. Tujuan PKM adalah meningkatkan kompetensi konselor dengan menerapkan Bimbingan Self Regulated Learning pada Siswa SMP kabupaten sidoarjo pada masa pendemi Covid 19. Permasalahan yang dihadapi adalah konselor harus bisa memberikan layanan bantuan belajar siswa membutuhkan keterampilan membimbing siswa tentang Self Regulated Learning. Sehingga melalui kegiatan ini kompetensi konselor dalam memberikan bimbingan self regulated learning pada siswa SMP meningkat. Hal ini di buktikan dengan hasil pre-tes dan pos-tes yang menunjukkan ada peningkatan kompetensi konselor atau guru BK SMP di kabupaten Sidoarjo dengan nilai rata-rata saat pre tes sebesar 44,11 sedangkan nilai rata-rata saat pos tes sebesar 61,68.

Author Biographies

Budi Purwoko, Universitas Negeri Surabaya

Counseling Guidance

Endang Pudjiastuti Sartinah, Universitas Negeri Surabaya

Counseling Guidance

Najlatun Naqiyah, Universitas Negeri Surabaya

Counseling Guidance

References

<p>Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. <em>Penataan Pendidikan Profesional Konselor</em>. Naskah Akademik ABKIN</p><p>Barnard-Brak, L., Paton, V. O., &amp;Lan, W. Y. (2010). Profiles in self-regulated learning in the online learning environment. <em>International Review of Research in Open and Distributed Learning</em>, <em>11</em>(1), 61-80.</p><p>Chang, M. M. (2005). Applying self-regulated learning strategies in a web-based instruction”an investigation of motivation perception. <em>Computer Assisted Language Learning</em>, <em>18</em>(3), 217-230.</p><p>Chen, C. S. (2002). Self-regulated learning strategies and regulated learning strategies and achievement in an introduction to information systems course. <em>Information technology, learning, and performance journal</em>, <em>20 </em>(1), 11-25.</p><p>Dignath, C., Buettner, G., &amp; Langfeldt, H. P. (2008). How can primary school students learn self-regulated learning strategies most effectively?: A meta-analysis on self-regulation training programmes. <em>Educational Research Review</em>, <em>3</em>(2), 101-129.</p><p>Dweck, C. S., &amp; Master, A. (2012). Self-theories motivate self-regulated learning. In <em>Motivation and self-regulated learning</em> (pp. 43-64). Routledge.</p><p>Kompas, 2020, (https://www.suara.com /news/2020/04/01/ 141816/jurus-jurus-jokowi-melawan-pandemi-virus-corona-covid-19)</p><p>Kompas, 2020, (<a href="https://www.kompas.com/edu/read/2020/05%20/15/143254571/covid-19-i">https://www.kompas.com/edu/read/2020/05 /15/143254571/covid-19-i</a>...)</p><p>Panadero, E. (2017). A review of self-regulated learning: Six models and four directions for research. <em>Frontiers in psychology</em>, <em>8</em>, 422.</p><p>Wangid, M. N. (2004). Peningkatan prestasi belajar siswa melalui self-regulated learning. <em>Jurnal Cakrawala Pendidikan</em>, <em>1</em>(1).</p><p>Schunk, D. H., &amp; Zimmerman, B. J. (Eds.). (2012). <em>Motivation and self-regulated learning: Theory, research, and applications</em>. Routledge.</p><p>Zimmerman, B. J., &amp; Schunk, D. H. (Eds.). (2001). <em>Self-regulated learning and academic achievement: Theoretical perspectives</em>. Routledge.</p>Zimmerman, B. J., &amp; Schunk, D. H. (2011). <em>Handbook of self-regulation of learning and performance</em>. Routledge/Taylor &amp; Francis Group.

Downloads

Published

2021-02-11
Abstract views: 337 , PDF Downloads: 302