PENINGKATAN KOMPETENSI TERAPI MANDIRI EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF PENGUAT IMUN TUBUH MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p8-12

Abstract

Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor merupakan tenaga pendidik di sekolah yang bertugas memberikan
layanan psikologis-educational dalam membantu siswa mencapai perkembangan optimal. Dalam masa
pandemi covid 19 diberlakukan kebijakan pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Para siswa membutuhkan penyesuaian untuk dapat mengikuti pembelajaran daring ini, yang dapat
menimbulkan kecemasan disertai emosi tertentu. Oleh karena itu, para konselor sekolah membutuhkan
kecakapan memandu siswa melaksanakan terapi mandiri yang mendukung kesehatan psikologisnya. Salah
satu keterampilan yang dapat dilatihkan adalah terapi mandiri (Emotional Freedom Technique/EFT).
Kecakapan ini relevan diberikan kepada konselor berdasarkan beberapa rasional diantaranya: (1) Para
siswa membutuhkan penguatan psikologis positif pada situasi wabah saat ini, (2) melalui work from home
konselor sekolah tetap menjalankan tugas dan perannya membantu siswa mencapai kesehatan mental dan
perkembangan diri yang positif, (3) pelayanan bimbingan dan konseling membutuhkan cara-cara baru yang
relevan dengan kebutuhan psikologis siswa, (4) kompetensi menerapkan EFT memungkinkan layanan
bantuan terapi emosional positif yang dibutuhkan pada situasi wabah saat ini. Tujuan kegiatan adalah untuk
meningkatan kompetensi guru BK atau konselor dengan menerapkan terapi mandiri emotional freedom
technique untuk meningkatkan emosi positif selama pandemi covid 19. Sehingga dengan adanya kegiatan
ini kompetensi konselor semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretes dan post-tes yang
menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata pre-tes sebesar 4 9 dan nilai rata-rata post-tes sebesar 62.

Author Biographies

Endang Pudjiastuti Sartinah, Universitas Negeri Surabaya

counseling guidance

Budi Purwoko, Universitas Negeri Surabaya

counseling guidance

Najlatun Naqiyah, Universitas Negeri Surabaya

counseling guidance

References

<p>Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. <em>Penataan Pendidikan Profesional Konselor</em>. Naskah Akademik ABKIN</p><p>Benor, D. J., Ledger, K., Toussaint, L., Hett, G., &amp; Zaccaro, D. (2009). Pilot study of emotional freedom techniques, wholistic hybrid derived from eye movement desensitization and reprocessing and emotional freedom technique, and cognitive behavioral therapy for treatment of test anxiety in university students. <em>Explore</em>, <em>5</em>(6), 338-340.</p><p>Boath, E., Stewart, A., &amp; Carryer, A. (2013). Tapping for success: A pilot study to explore if emotional freedom techniques (EFT) can reduce anxiety and enhance academic performance in university students. <em>Innovative Practice in Higher Education</em>, <em>1</em>(3).</p><p> </p><p>Brattberg, G. (2008). Self-administered EFT (Emotional Freedom Techniques) in individuals with fibromyalgia: a randomized trial. <em>Integrative Medicine</em>, <em>7</em>(4), 30-35.</p><p> </p><p>Clond, M. (2016). Emotional freedom techniques for anxiety: a systematic review with meta-analysis. <em>The Journal of nervous and mental disease</em>, <em>204</em>(5), 388-395.</p><p>Cucinotta, D., &amp; Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. <em>Acta bio-medica: Atenei Parmensis</em>, <em>91</em>(1), 157-160.</p><p>Gates, B. (2020). Responding to Covid-19”a once-in-a-century pandemic?. <em>New England Journal of Medicine</em>, <em>382</em>(18), 1677-1679.</p><p>Sebastian, B., &amp; Nelms, J. (2017). The effectiveness of Emotional Freedom Techniques in the treatment of posttraumatic stress disorder: A meta-analysis. <em>Explore</em>, <em>13</em>(1), 16-25.</p><p>Waite, W. L., &amp; Holder, M. D. (2003). Assessment of the emotional freedom technique. <em>Sci Rev Ment Health Pract</em>, <em>2</em>(1), 1-10.</p>

Downloads

Published

2021-02-11
Abstract views: 433 , PDF Downloads: 394