PENINGKATAN KOMPETENSI TERAPI MANDIRI EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF PENGUAT IMUN TUBUH MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p8-12Abstract
Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor merupakan tenaga pendidik di sekolah yang bertugas memberikan
layanan psikologis-educational dalam membantu siswa mencapai perkembangan optimal. Dalam masa
pandemi covid 19 diberlakukan kebijakan pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Para siswa membutuhkan penyesuaian untuk dapat mengikuti pembelajaran daring ini, yang dapat
menimbulkan kecemasan disertai emosi tertentu. Oleh karena itu, para konselor sekolah membutuhkan
kecakapan memandu siswa melaksanakan terapi mandiri yang mendukung kesehatan psikologisnya. Salah
satu keterampilan yang dapat dilatihkan adalah terapi mandiri (Emotional Freedom Technique/EFT).
Kecakapan ini relevan diberikan kepada konselor berdasarkan beberapa rasional diantaranya: (1) Para
siswa membutuhkan penguatan psikologis positif pada situasi wabah saat ini, (2) melalui work from home
konselor sekolah tetap menjalankan tugas dan perannya membantu siswa mencapai kesehatan mental dan
perkembangan diri yang positif, (3) pelayanan bimbingan dan konseling membutuhkan cara-cara baru yang
relevan dengan kebutuhan psikologis siswa, (4) kompetensi menerapkan EFT memungkinkan layanan
bantuan terapi emosional positif yang dibutuhkan pada situasi wabah saat ini. Tujuan kegiatan adalah untuk
meningkatan kompetensi guru BK atau konselor dengan menerapkan terapi mandiri emotional freedom
technique untuk meningkatkan emosi positif selama pandemi covid 19. Sehingga dengan adanya kegiatan
ini kompetensi konselor semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretes dan post-tes yang
menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata pre-tes sebesar 4 9 dan nilai rata-rata post-tes sebesar 62.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

