MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI MELALUI BIMBINGAN SOSIO-RELIGIUS PADA PENYANDANG SKIZOFRENIA DI PUSAT REHABILITASI MENTAL AL-HAFIZH SIDOARJO

Authors

  • Regina Ari Sukma Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji - Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Model Peningkatan Kemampuan Bersosialisasi, Bimbingan Sosial

Abstract

Indonesia merupakan negara besar yang tentu saja memiliki berbagai macam permasalahan di dalamnya. Salah satu permasalahan yang ada di Negara Indonesia ini adalah masalah masyarakat terutama kesehatan jiwa.  Kesehatan jiwa menjadi salah satu permasalahan kesehatan di dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu jenis distabilitas mental adalah Skizofrenia. Skizofrenia tergolong jenis gangguan jiwa yang serius (psikosis). Rehabilitasi mental Al-Hafizh memberikan layanan bimbingan sosio-religius yang membantu penyandang skizofrenia dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasinya, karena apabila penyandang skizofrenia tidak tertatalaksana dengan baik, maka akan mengakibatkan penurunan fungsi sosial dan okupasional yang semakin berat.Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran yang jelas tentang peningkatan kemampuan bersosialisasi penyandang skizofrenia dan model bimbingan sosio-religius yang dilakukan oleh pusat rehabilitasi mental Al-Hafizh. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan layanan bimbingan sosio religius berupa interaksi sosial, terapi okupasi, ajaran agama dan budi pekerti mampu meningkatkan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki oleh warga binaan Al-Hafizh. Hal ini dapat dilihat dari hubungan warga binaan dengan orang lain, warga binaan mampu memanajemen diri, patuh dan bersikap asertif.

References

Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin. 2019. (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/04/jumlah-penduduk-indonesia-2019-mencapai-267-juta-jiwa#), diakses 7 Mei 2020.

Lestari, A. Penerapan Terapi Social Skill Training Dan Family Psychoeducation Terhadap Diagnosis Isolasi Sosial Dengan Pendekatan Teori Stress Adaptasi Stuart Dan Model Sistem Neuman Di Ruang Arimbi RSMM Bogor. Program Studi Spesialis.

Rahmawati. Upaya Rumah Pelayanan Sosial Eks Psikotik œMartani Cilacap Dalam Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Penerima Manfaat. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.

Scizophrenia. 2016. (https://www21.ha.org.hk/smartpatient/EM/MediaLibraries/EM/EMMedia/Schizophrenia-Indonesian.pdf?ext=.pdf), diakses 7 Mei 2020.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, Dk. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutoyo, Anwar. 2013. Bimbingan dan Konseling Islami(teori dan praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 240 , PDF Downloads: 128