ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA PADA SEKOLAH PEREMPUAN DESA KESAMBEN KULON GRESIK

Authors

  • Ulvi Nirmala Kurniasari Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji Suhanadji Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pendidikan Orang Dewasa, sekolah Perempuan

Abstract

Urusan wanita bersifat sangat privat yakni mengurus rumah tangga dan keluarganya. Salah satu solusi yang diperjuangkan adalah pendidikan perempuan melalui Sekolah Perempuan. Prinsip-prinsip POD perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif pendekatan dan prinsip POD yang diterapkan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Perempuan menggunakan pendekatan yang berpusat pada masalah dan aktualisasi diri. Sekolah Perempuan menerapkan 7 prinsip POD : belajar adalah berubah, orang dewasa harus ingin belajar, orang dewasa belajar sambil berbuat, lingkungan belajar informal, pendampingan bukan nilai, pembelajaran perempuan sebagai pembelajaran orang dewasa, memberikan kesadaran terhadap potensi diri. Faktor penghambat penerapan prinsip POD adalah peserta didik kurang memahami teknologi dan kurangnya dukungan dari orang terdekat. Faktor pendukungnya adalah motivasi belajar peserta didik tinggi dan dukungan dari desa dengan melibatkan sekolah perempuan di setiap kegiatan desa.

References

Anggraeni, Peppy Forestry. 2017. Penyelenggaraan Program Sekolah Perempuan Pada LSM KPS2K (Kelompok Perempuan dan Sumber-Sumber Kehidupan) dalam Meningkatkan Kemandirian Ibu Muda di Desa Kesamben Kulon Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya
Badan Pusat Statistik. 2018. Profil Perempuan Indonesia. (online). https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/d9495-buku-ppi-2018.pdf. Diakses pada tanggal 09 Desember 2019
Basleman, Anisah & Syamsu Mappa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Daryanto & Hery Tarno. 2017. Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta:Gava Media
Institut Kapal Perempuan. 2019. Profil Sekolah Perempuan. http://kapalperempuan.org/profil-sekolah-perempuan/. Diakses pada 19 Januari 2020
Lunandi, A.G. 1982. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT Gramedia.
Lunandi, A.G. 1993. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Non Formal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdaka
Riyanto, Yatim. 2007. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Surabaya : Unesa University Press
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.Tarno, Hery. 2017. Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta : Gava Media
Yulianingsih, Wiwin & Gunarti Dwi Lestari. 2014. Pendidikan Masyarakat. Unesa University press

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 1233 , PDF Downloads: 323