PERAN PEMBIMBING SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI KOMUNITAS SAVE STREET CHILD SURABAYA

Authors

  • Zenitha Anki Mawarni Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Siswanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Peran Pembimbing Sosial, Karakter Anak

Abstract

Setiap anak pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda terlebih lagi pada anak jalanan, pengembangan karakter diperlukan guna perbaikan kualitas hidup yang ke arah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) peran pembimbing sosial dalam mengembangkan karakter anak jalanan, (2) faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pengembangan karakter anak jalanan di komunitas save street child Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian melalui reduksi data, display data, verifikasi data dan simpulan. Setelah itu data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pembimbing sosial melalui proses pembimbingan, pemotivasian, dan evaluasi dijalankan dengan baik, terbukti ketika pembimbing sosial membantu anak dalam memecahkan kesulitan belajar, menasehati dan memberikan games untuk meningkatkan semangat belajar serta memberikan tes lisan dan tertulis sehingga dapat mengembangkan karakter anak. Faktor pendukung dalam penelitian ini adanya dukungan yang diberikan oleh pemerintah kota berupa izin menyelenggarakan kegiatan. Faktor penghambatnya dikarenakan kurangnya volunteer dan pembimbing sosial dalam menjalankan program.

References

Citra Hardiyana Putri, Ayu. 2016. Ĺ“Pengembangan Karakter Pada Anak Jalanan Melalui Pelatihan Musik Di Komunitas Save Street Child Surabaya. FIP. UNESA: Surabaya
Creswell, J. W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, terjemahan Rianayati Kusmini Pancasari & Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Departemen Sosial Republik Indonesia, 2005. Petunjuk Teknis Pelayanan Sosial Anak Jalanan. Departemen Sosial Republik Indonesia. Jakarta.
Fadilah, MM. 2013. Peran Sanggar Alang-Alang Surabaya Dalam Upaya Pemberdayaan Anak Jalanan. Tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Gatra.com. (2019. 30 Juli). Jumlah PMKS di Kota Surabaya Menurun Jadi 1073 Orang. Diakses pada 19 Desember 2019, dari https://gatra.com/detail/news/433677/gaya%20hidup/jumlah-pmks-di-kota-surabaya-menurun-jadi-1073-orang
Nusantara, Widya. "Transformatif Learning pada Kegiatan Pendampingan Anak Jalanan di Kota Malang." Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) 1, no. 4 (2014): 414-425.
Riyanto, Yatim dan Aktiva Oktariyanda, Trenda. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unipress IKIP Surabaya
Roesminingsih & Hadi Susarno, Lamijan. 2016. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Bintang Surabaya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulianingsih, Wiwin dan Dwi Lestari, Gunarti. 2017 Pendidikan Masyarakat. Surabaya: UNESA University Press

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 240 , PDF Downloads: 163